Netwriter can get reward Join NowLOGIN / DAFTAR Netwriter
February 6, 2023
Snap Today

Blokir Situs Steam, Paypal, EpicGames oleh Kominfo

tiyar
  • Agustus 22, 2022
  • 3 min read
Blokir Situs Steam, Paypal, EpicGames oleh Kominfo

Snaptoday, Livetoday – Banyak website populer yang tidak bisa di akses dari Indonesia pada Sabtu pagi (30 Juli 2022). Tiga yang paling banyak di laporkan oleh netizen adalah adanya platform yang mengalami Blokir Situs, yaitu distribusi game Steam dan Epic Games Store, dan PayPal. Laporan di situs web Down Detector juga menunjukkan masalah dengan mengakses platform distribusi game yang di miliki oleh Valve dan Epic Games. Steam, Epic Games, dan PayPal memang tidak dapat di akses.

Namun, ketika mencoba menggunakan VPN, situs Steam dan Epic Games hanya terbuka. Situs Asal EA juga tidak dapat di akses. Pemblokiran situs-situs tersebut kabarnya karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyatakan akan memblokir beberapa platform yang tidak terdaftar. Kominfo di ketahui sebelumnya mewajibkan penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia untuk mendaftar. 

Dalam konferensi pers Jumat lalu, Kominfo mengatakan beberapa penyedia layanan platform telah menerima surat peringatan tetapi tidak mendaftar hingga batas waktu Jumat (29/7/2022) pukul 23:59 WIB. Platform, atau PSE, adalah penyedia layanan dalam daftar 100 lalu lintas teratas yang di terbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika minggu lalu. Saat itu, Direktorat Jenderal Aptika Kemkominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat peringatan ke anjungan. 

Bersamaan dengan surat peringatan tersebut, Kominfo memberi platform lima hari kerja untuk merespons. Jika tidak ada balasan dalam waktu lima hari kerja sejak surat dikirimkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan blokade.

Kominfo Blokir Situs, Banyak layanan menghadapi ancaman di blokir

Blokir Situs Steam, Paypal, EpicGames oleh Kominfo
Blokir Situs Steam, Paypal, EpicGames oleh Kominfo

Untuk itu, Semuel kini menerbitkan daftar layanan yang dapat di blokir jika masih gagal memproses pendaftaran hingga batas yang di tentukan. Nah, dari 12 yang di tulis kemarin, kita masih menunggu 10, dua di antaranya sudah terdaftar. Daftar layanan yang mungkin di blokir jika tidak mendaftar, berikut daftar lengkapnya :

  • Amazon (e-Niaga)
  • Paypal
  • Mesin Pencari Yahoo
  • Mesin Pencari Bing
  • Epic Games
  • Dota
  • Counter Strike

Normalisasi pada pendaftaran platform

Selain itu, kata Samuel, penguncian akan di mulai setelah ini, dan prosesnya akan di lakukan oleh mesin daripada manusia. Namun mengingat masih ada waktu hingga tengah malam, batas waktu tersebut dapat berubah. Ia juga memastikan jika penyedia platform sudah mengajukan dan mendaftar, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menormalkan dan membuatnya tersedia kembali di Indonesia. 

Sedangkan untuk dua layanan lainnya, LinkedIn dan Alibaba, yang sebelumnya sudah mendapat surat peringatan, Semuel mengaku sama-sama terdaftar. Selain kedua platform tersebut, Opera dan Roblox adalah PSE lain yang sebelumnya telah menerima surat peringatan dan terdaftar. Menurut data Jumat lalu, ada 8.962 PSE yang terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika, terdiri dari 8.680 PSE dalam negeri dan 282 PSE asing. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *