Netwriter can get reward Join NowLOGIN / DAFTAR Netwriter
February 4, 2023
Snap Today

Program CSR BUMN/Swasta dan Desa Wisata Nusantara

tiyar
  • Juli 29, 2022
  • 2 min read
Program CSR BUMN/Swasta dan Desa Wisata Nusantara

Snaptoday, Livetoday – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Keimigrasian (Kemendesa PDTT) terus mendorong peran BUMN dan swasta dalam pembangunan desa. Salah satunya adalah Penghargaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pembangunan Desa Berkelanjutan. Kepada perusahaan yang menggunakan Program CSR bertanggung jawab sosial untuk mempromosikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan.

“Salah satu acara hari ini adalah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan melalui Program CSR.”. Ucap PDTT Mendes Abdul Halim Iskandar pada program BUMN / Swasta Corporate Social Responsibility (CSR) pada (23 / 6 / 2022). Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin ikut serta dalam acara promosi Kampung Wisata Nusantara yang  di adakan Jakarta.

Program CSR BUMN/Swasta dan Desa Wisata Nusantara

Banyak Program CSR yang masuk ke desa dan berhasil meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui proyek – proyek pemberdayaan yang di lakukan. Penghargaan ini di harapkan akan semakin mendorong proyek – proyek tanggung jawab sosial perusahaan ke desa. Semoga semakin banyak perusahaan yang melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendorong pengembangan BUM Desa dan kebangkitan ekonomi pedesaan.

Penghargaan pada Pembangunan Desa Berkelanjutan diketahui memiliki 63 perusahaan dari BUMN dan swasta, serta 1 yayasan dan 96 proyek, di antaranya Bina BUM Desa / BUM Bersatu Desa dan Program CSR (Other Community Engagement and Development).

Pemberian Award Program CSR

Penghargaan untuk proyek CSR ini meliputi dua kategori: kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan pengembangan BUM Desa. Untuk kategori CSR, umumnya di nilai dari peran perusahaan di lingkungan dan masyarakat sekitar. Antara lain pemberian air bersih, bantuan kelompok tani, kelompok perempuan teknis, atau pemberian bantuan lain selain uang.

Kategori Pengembangan BUM Desa secara umum lebih kepada pengembangan jaringan pemasaran produk BUM Desa dari aspek kelembagaan, pengembangan usaha dan peningkatan kapabilitas BUM Desa. Serta peran CSR perusahaan dalam pengembangan pengelolaan BUM Desa Desa. Tingkat penghargaan dimulai dari Emas, Perak dan Perunggu menunjukkan nilai penggunaan program CSR perusahaan.

Berdasarkan hasil evaluasi dewan juri yang bekerja sama antara Kementerian Desa PDTT dan Forum Keberlanjutan Sosial Indonesia (ISSF). 20 perusahaan meraih penghargaan emas, 42 perusahaan meraih penghargaan perak, dan 12 perusahaan meraih penghargaan perunggu. Penghargaan di serahkan langsung oleh KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia.***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *