Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
February 24, 2025
SPOOTLIVE

Mengatasi Tulisan “Periksa” pada Meteran Listrik Prabayar

Wijaya
  • Juli 14, 2024
  • 3 min read
Mengatasi Tulisan “Periksa” pada Meteran Listrik Prabayar

SPOOTLIVE – Sering kali, masyarakat menemui tulisan “periksa” pada meteran listrik atau kWh meter prabayar mereka, terutama saat hendak memasukkan kode token listrik. Meski tampak sepele, keterangan ini bisa menandakan adanya masalah kelistrikan yang sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut. Jadi, apa sebenarnya penyebab dan solusi jika meteran listrik Anda menunjukkan tulisan “periksa”?

Penyebab Tulisan “Periksa” pada Meteran Listrik

Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, menjelaskan bahwa tulisan “periksa” pada meteran listrik menandakan adanya gangguan. “Tulisan ‘periksa’ yang muncul pada kWh meter pelanggan menginformasikan adanya indikasi gangguan pada instalasi listrik di dalam rumah pelanggan,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/7/2024).

Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebocoran arus listrik. Kebocoran ini bisa terjadi karena instalasi yang kurang baik atau perangkat yang rusak. Selain itu, tulisan “periksa” juga bisa disebabkan oleh fasa tertukar, yaitu kesalahan pada kabel listrik yang dapat menghantarkan aliran listrik secara tidak benar. Terakhir, pemasangan arde (jalur pentanahan/grounding) yang tidak sesuai juga bisa memicu munculnya tanda ini. “Kondisi tersebut mengakibatkan muncul tanda ‘periksa’ dan pelanggan tidak bisa memasukkan token listrik,” tambah Gregorius.

Cara Mengatasi Tulisan “Periksa” pada Meteran Listrik

Jika Anda menemukan tulisan “periksa” pada meteran listrik prabayar, tidak perlu khawatir. Gregorius menyarankan untuk segera melaporkan masalah ini ke PLN melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Klik menu “Pengaduan” pada halaman depan aplikasi.
  3. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan, dalam hal ini “Permasalahan Kwh Meter Menunjukkan Periksa”.
  4. Klik “Ajukan Pengaduan”.
  5. Masukkan ID pelanggan listrik yang bermasalah pada kolom yang disediakan.
  6. Isi data lokasi rumah pelanggan yang sesuai dan klik “Lanjutkan”.
  7. Lampirkan foto kendala jika ada dan tuliskan laporan.
  8. Jika sudah, pilih “Lanjutkan”.
  9. Setelah melaporkan, pelanggan akan menerima instruksi dari PLN untuk memasukkan kode tertentu pada meteran listrik mereka. Dengan memasukkan kode ini, tulisan “periksa” akan hilang dan meteran listrik akan kembali berfungsi normal.
Baca Juga:  Mau Tahu, Pengobatan Rumahan untuk Meredakan Nyeri Kaki?

Pentingnya Memeriksa Instalasi Listrik

Meskipun masalah tulisan “periksa” telah teratasi, Gregorius tetap mengimbau masyarakat untuk memeriksa instalasi listrik di rumah mereka. “PLN juga menyarankan kepada pelanggan untuk dapat melakukan pemeriksaan instalasi listrik di dalam rumah, sehingga penyebab gangguan bisa ditemukan dan diperbaiki,” ujarnya. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa instalasi listrik di rumah Anda aman dan berfungsi dengan baik, menghindari potensi gangguan di masa depan.

Dengan mengikuti saran dan prosedur yang diberikan oleh PLN, Anda dapat memastikan bahwa sistem kelistrikan di rumah Anda tetap aman dan berfungsi optimal, serta menghindari gangguan yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *