Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
NEWSLIVE

Debat Cawapres 2024: Menantang Pengetahuan dan Kemampuan Calon Wakil Presiden

Deviwulandari
  • Desember 22, 2023
  • 3 min read
Debat Cawapres 2024: Menantang Pengetahuan dan Kemampuan Calon Wakil Presiden

NEWSLIVE– Debat kedua Pilpres 2024, yang khusus untuk calon wakil presiden (cawapres 2024), akan digelar pada Jumat (22/12/2023) malam ini.

Debat kali ini akan menjadi ajang bagi tiga cawapres 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, untuk menunjukkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan seputar berbagai isu penting, termasuk ekonomi, keuangan, pajak, investasi, perdagangan, dan infrastruktur.

Waktu, Lokasi, dan Tema

Debat cawapres akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB. Debat akan berlangsung selama 150 menit dan terbagi dalam enam segmen.

Pada segmen pertama, cawapres akan memberikan pernyataan pembukaan. Kemudian, pada segmen kedua dan ketiga, cawapres akan menjawab sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis. Lalu, pada segmen empat dan lima, cawapres diberikan kesempatan untuk tanya-jawab dengan sesama cawapres. Sedangkan pada segmen keenam atau terakhir, cawapres akan memberikan closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan.

Ada enam tema besar yang akan dibahas dalam debat cawapres kali ini, yaitu:

  • Ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital
  • Keuangan
  • Pajak dan tata kelola APBN-APBD
  • Investasi
  • Perdagangan
  • Infrastruktur dan perkotaan

Moderator dan Panelis

Debat cawapres kali ini akan dipandu oleh dua moderator, yaitu Alfito Deannova Ginting dari Transcorp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV. Sementara itu, 11 panelis yang ditunjuk KPU untuk menyusun pertanyaan debat cawapres berasal dari kalangan akademisi, birokrat, ekonom, dan perwakilan dari organisasi non pemerintah.

Perbedaan dengan Debat Capres

Debat cawapres kali ini memiliki beberapa perbedaan dengan debat capres yang digelar sebelumnya. Salah satunya adalah adanya podium di panggung untuk cawapres. Hal ini merupakan usulan dari tim tiga pasangan capres-cawapres.

Baca Juga:  Profil Advokat Tim Pembela Prabowo-Gibran dalam Menghadapi Gugatan Pilpres 2024

Selain itu, cawapres juga diperbolehkan membawa alat tulis berupa kertas dan pulpen pada debat kali ini. Namun, alat bantu lainnya tidak diperbolehkan.

Aturan dan Larangan

Sama seperti debat capres, setiap paslon hanya diperbolehkan membawa 75 orang pendukung ke arena debat. Pendukung dan setiap orang yang hadir di arena debat dilarang untuk mengompori timnya, atau membuat kegaduhan lain.

Setiap pendukung yang hadir di arena debat juga dilarang membawa atribut kampanye, kecuali yang menempel di tubuh seperti pakaian yang memuat gambar atau tulisan capres-cawapres.

Debat cawapres kali ini menjadi ajang penting bagi para cawapres untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Kemampuan menjawab pertanyaan dengan baik dan meyakinkan akan menjadi faktor penting dalam menentukan penilaian publik terhadap cawapres.

Selain itu, debat ini juga menjadi kesempatan bagi cawapres untuk menyampaikan gagasan dan program mereka kepada masyarakat luas. Gagasan dan program yang jelas dan terukur akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memilih cawapres tersebut.

Oleh karena itu, para cawapres perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi debat kali ini. Mereka perlu mempelajari berbagai isu penting yang akan dibahas, serta melatih kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan.

Debat cawapres kali ini diprediksi akan menjadi ajang yang menarik untuk diikuti. Publik akan menantikan bagaimana para cawapres menunjukkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *