Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
April 13, 2024
NEWSLIVE

ESDM Raih Predikat AA Penghargaan Pengawasan Kearsipan 2022

AyuRachmahwati
  • Mei 24, 2023
  • 3 min read
ESDM Raih Predikat AA Penghargaan Pengawasan Kearsipan 2022

NEWSLIVE – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meraih predikat AA (Sangat Memuaskan) untuk Penghargaan Pengawasan Kearsipan 2022 setelah satu tahun sebelumnya menerima penghargaan yang sama. Usai memberikan penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas menekankan agar pengelolaan arsip tidak lagi dilakukan secara manual namun harus secara digital agar arsip yang ada lebih terawat dan terjaga.

“Terkait dengan kearsipan, kami yakin dengan langkah yang disampaikan oleh teman-teman ANRI dan Kementerian/Lembaga sekarang melangkah tidak lagi dengan manual, tapi dengan digital. Sehingga memori kolektif bangsa tentu akan terawat dengan baik dan saya yakin ke depan anak-anak, cucu kita akan bisa mendapatkan ini dengan baik di masa mendatang,”ujar Azwar usai menyerahkan penghargaan di Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (23/5).

Selain menekankan pengelolaan arsip secara digital, Azwar juga mengingatkan agar reformasi birokrasi yang merupakan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tetap terus dilaksanakan. “Kita harus bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak. Birokrasi ini bukan tumpukan kertas. Birokrasi ini harus lincah dan cepat,” tegas Azwar.

Atas penerimaan penghargaan tersebut, Kepala Biro Umum Kementerian ESDM Upik Jamil mengungkapkan, Kementerian ESDM akan semakin termotivasi untuk memperkuat penyelenggaraan kearsipan. “Alhamdulillah atas pengakuan (predikat) ini. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras bersama. Kami tak akan lelah meningkatkan sistem kearsipan yang lebih baik serta berbasis digital di seluruh unit Kementerian ESDM,” kata Upik ditemui di tempat terpisah di Jakarta.

Penganugerahan Pengawasan Kearsipan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam ajang pengawasan kearsipan ini aspek pengawasan yang dinilai antara lain kebijakan kearsipan, pembinaan, pengelolaan arsip dinamis serta sumber daya kearsipan (SDM, sarpras dan pendanaan).

Baca Juga:  Menteri PANRB Pimpin Rapat Pimpinan di Kantor Kementerian PANRB

Kegiatan penganugerahan kali ini menjadi bagian dari Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan 2023 dengan tema “Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul” dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Banyuwangi, Jawa Timur pada tanggal 22 – 23 Mei 2023.

Rakornas dihadiri dan di buka secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Bapak Abdullah Azwar Anas, juga dihadiri Kepala ANRI, Bapak Imam Gunarto, Bupati Banyuwangi Ibu Ipuk Fiestiandani, serta perwakilan Kementerian/Lembaga, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, BUMN, serta Universitas.

Kementerian ESDM turut berpartisipasi dengan membuka booth pameran dengan menyuguhkan arsip-arsip Memori Kolektif Bangsa dengan tema : Merapi, si paling aktif di Indonesia dan Jawa Timur, Provinsi dengan Gunung Api Terbanyak”.

Arsip-arsip yang ditampilkan antara lain visual Gunung api dalam bentuk media kaca, serta foto dan video aktivitas erupsi Gunung Merapi dari tahun ketahun (sebelum kolonial – zaman kolonial – zama pasca kolonial s.d. sekarang), Pemeran ini merupakan berkolaborasi bersama antara Kearsipan KESDM, Biro Umum dan BPPTKG, PVMBG Badan Geologi.

Arsip yang disajikan Kementerian ESDM dalam booth pameran berpotensi sebagai memori kolektif bangsa, hal ini didasarkan pada arsip dimaksud mengandung nilai guna penelitian (rekaman aktivitas gunung api sebagai sumber data penelitian), nilai guna statis (terkait dengan sejarah kebencanaan nasional, mitigasi bencana gunung api, serta perubahan topografi karena aktivitas gunung api.(SF)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *