Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
NEWSLIVE

Janji Pemberantasan Korupsi Para Capres Jadi Harapan Pelaku Usaha

Deviwulandari
  • Desember 14, 2023
  • 3 min read
Janji Pemberantasan Korupsi Para Capres Jadi Harapan Pelaku Usaha

NEWSLIVE– Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sarman Simanjorang menyambut baik janji memberantas korupsi yang ditebar para calon presiden (capres) dalam debat pertama Pemilu 2024.

Ia mengatakan, kesiapan dan keseriusan para capres untuk pemberantasan berbagai praktek korupsi menjadi pegangan pelaku usaha untuk mau menanamkan modalnya di Indonesia.

Sarman menilai, permasalahan korupsi merupakan salah satu indikator yang menurunkan daya saing Indonesia di mata investor. Ketika tingkat praktik korupsi masih tinggi, maka Indonesia menjadi kurang menarik bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Oleh sebab itu, janji para capres yang akan tegas memberantas korupsi hingga ke akarnya, bahkan melakukan perampasan aset sebagai efek jera kepada koruptor, dinilai Sarman menjadi angin segar bagi pelaku usaha.

“Saya rasa memang ini sesuatu yang sangat-sangat dinantikan oleh dunia usaha juga, karena kita lihat bahwa salah satu indikator daya saing kita ini adalah masalah korupsi,” kata Sarman. “Penilaian para calon-calon investor terhadap Indonesia kalau memang praktik-praktik korupsi ini masih tinggi, tentu ini akan mengurangi daya tarik Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi,” ucap Sarman yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Sarman mengatakan, terkadang para pelaku usaha terpaksa terlibat dalam kasus korupsi para pejabat karena terjebak dalam situasi dan kondisi di mana mereka harus melakukan tindakan tersebut. Dia bilang, tentu pelaku usaha pada dasarnya tidak ingin terlibat dalam budaya “cawe-cawe” ketika menjalankan proses bisnisnya, yang membuat mereka terjerat kasus korupsi.

“Kita tahu pelaku usaha ini kadang-kadang terlibat juga kan bukan karena maunya, tapi karena memang situasi dan kondisi yang terpaksa diciptakan untuk itu, sehingga tidak menyadari, mau tidak mau pelaku usaha terlibat,” katanya.

Baca Juga:  Membangkitkan Semangat Seni Tari Indonesia Melalui Program #GIK1Dekade

Maka dari itu, tegas Sarman, keseriusan pemerintahan di masa mendatang dalam memberantas korupsi menjadi harapan bagi para pelaku usaha. Dengan demikian, daya saing Indonesia di mata investor bisa meningkat.

“Dengan adanya keseriusan itu tentu kita harapkan akan ada perbaikan-perbaikan dari sisi daya saing kita. Supaya calon-calon investor memiliki suatu daya tarik yang lebih baik lagi, sehingga mereka tidak ragu untuk menanamkan modalnya di Indonesia,” ucap Sarman.

Sarman mengatakan, para pelaku usaha akan mendukung penuh pemerintahan yang serius memberantas korupsi. Ia berharap, para capres yang terpilih nanti dapat mewujudkan janjinya untuk memberantas korupsi hingga ke akarnya.

Analisis

Janji-janji pemberantasan korupsi yang ditebar para capres dalam debat pertama Pemilu 2024 disambut baik oleh para pelaku usaha. Mereka berharap, pemerintahan yang terpilih nanti dapat mewujudkan janjinya untuk memberantas korupsi hingga ke akarnya.

Para pelaku usaha menilai, korupsi merupakan salah satu indikator yang menurunkan daya saing Indonesia di mata investor. Oleh karena itu, mereka berharap, pemerintahan yang terpilih nanti dapat memberantas korupsi secara tegas dan adil.

Sarman Simanjorang, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Apindo, mengatakan bahwa para pelaku usaha terkadang terpaksa terlibat dalam kasus korupsi para pejabat karena terjebak dalam situasi dan kondisi di mana mereka harus melakukan tindakan tersebut. Oleh karena itu, dia berharap, pemerintah dapat menciptakan iklim usaha yang bersih dari korupsi.

Dengan adanya keseriusan pemerintah dalam memberantas korupsi, diharapkan daya saing Indonesia di mata investor dapat meningkat. Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia, karena akan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *