Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
NEWSLIVE

Kampung Pangan Inovatif Tingkatkan Kualitas SDM

adindanasha
  • Juni 14, 2023
  • 4 min read
Kampung Pangan Inovatif Tingkatkan Kualitas SDM

NEWSLIVE – Program pemberdayaan masyarakat yang mencakup kegiatan mitigasi bencana, renovasi kampung kumuh, & peningkatan keterampilan lewat olahan pangan kreatif merupakan program sinergi masyarakat dan Kilang Pertamina Internasional (KPI) untuk membangun kampung menjadi pemukiman berkelanjutan yang diantaranya konsisten melakukan efisiensi energi yang melingkupi 17 kegiatan, pendaur ulangan limbah baik B3 maupun non B3 yang mampu mengolah lebih dari 2.000 ton limbah, pelestarian keanekaragaman hayati yang menyelamatkan lahan seluas 8.327 Ha, hingga program pemberdayaan masyarakat yang mencakup kegiatan mitigasi bencana, renovasi kampung kumuh, dan peningkatan keterampilan lewat olahan pangan kreatif. 

Melalui Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju, PT KPI telah berhasil meraih 2 penghargaan diantaranya 1 penghargaan Top Leader on CSR Commitment yang diberikan kepada GM Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju Yulianto dan 1 Penghargaan #stars5 melalui beragam program kerja TJSL. Penghargaan stars 5 diberikan karena mendapat nilai 5 dari 5 karena sangat mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan CSR telah mengadopsi CSV (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR serta layak menjadi contoh bagi perusahaan lain. Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju juga dinilai memiliki Tata Kelola, produk-produk yang dihasilkan perusahaan, pengelolaan SDM, serta memiliki CSV yang baik sehingga dapat meraih penghargaan #Stars5.

Semangat ini tentu wujud Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju untuk mencapai tujuan SDGs nomor 8 yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta nomor 11 tentang kota dan permukiman yang berkelanjutan.

Raihan Kinerja Positif Unit Operasi Membanggakan

Kontribusi Kilang Pertamina Internasional dalam menjalankan program berkelanjutan nampak nyata melalui implementasi di tiap unit operasi dengan menjunjung tinggi komitmen kesetaraan dan non diskriminasi, berkomitmen terhadap pembangunan SDM yang berkelanjutan, pengelolaan limbah dan energi yang efisien, serta keselarasan CSR dengan CSV (Creating Shared Value) antara lain dalam implementasi CSR melalui Program FILAGAM (Filtrasi air gambut menjadi air bersih) Kilang Pertamina Internasional unit Sei Pakning, Program Klayas Semarak yang dijalankan oleh Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam akses air bersih dan layanan kesehatan, Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju dengan Kampung pangan inovatif (Program pemberdayaan masyarakat yang mencakup kegiatan mitigasi bencana, renovasi kampung kumuh, dan peningkatan keterampilan lewat olahan pangan kreatif) serta Program konservasi mangrove berkelanjutan seperti Kolak sekancil dari Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap.

Baca Juga:  Lapangan Migas Internasional MLN di Algeria

Selaras dengan ESG, Kilang Pertamina Internasional terus berkomitmen untuk konsisten melakukan program pengembangan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan serta memberikan dampak besar bagi keberlanjutan lingkungan hidup dan masyarakat lebih luas lagi.

TOP CSR Awards adalah penghargaan CSR bergengsi yang diadakan setiap tahun sejak 2017 oleh majalah TOP Business. Acara ini digelar untuk mendorong peningkatan program-program CSR di Perusahaan. 

Penganugerahan TOP CSR Awards 2023 dilakukan di Hotel Raffles, Jakarta pada tanggal 07 juni 2023.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan, serta memperkuat posisi Kilang Pertamina Internasional sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia,” jelas Hermansyah Y. Nasroen – Corporate Secretary Kilang Pertamina Internasional.

Kontribusi Positif di atas membawa Kilang Pertamina Internasional meraih total 8 penghargaan atas inovasi program berkelanjutan dan komitmen manajemen terhadap penerapan program CSR yang selaras dengan tujuan berkelanjutan diantaranya 2 penghargaan (1 Penghargaan Stars5 dan 1 Top Leader on CSR Commitment (GM Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju-Yulianto Tribowo) Kilang Pertamina Internasional Unit Plaju, 2 penghargaan (1 Penghargaan Stars4 dan 1 Top Leader on CSR Commitment (GM Kilang Pertamina Internasional Unit Sei Paking – M.Kun Tauchid) Kilang Pertamina Internasional Unit Sei Pakning, 2 penghargaan (1 Penghargaan Stars4 dan 1 Top Leader on CSR Commitment (GM Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap – Eddy Januari Utama) Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap, dan 2 penghargaan (1 Penghargaan Stars4 dan 1 Top Leader on CSR Commitment (GM Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim -Yusuf Mansyur) Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kilang minyak dan petrokimia, Kilang Pertamina Internasional telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan teknologi dan proses bisnis yang ramah lingkungan, serta memberikan dampak positif pada masyarakat dan selaras dengan ESG Kilang Pertamina Internasional terus berkomitmen untuk konsisten melakukan program pengembangan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan serta memberikan dampak besar bagi keberlanjutan lingkungan hidup dan masyarakat lebih luas lagi.

Baca Juga:  Pertamina Imbau Pembayaran Cashless

“Dengan keikutsertaan Kilang Pertamina Internasional sebagai anggota UNGC (United Nations Global Compact) sejak tahun 2022, isu-isu Sustainable Development Goals menjadi perhatian Kilang Pertamina Internasional untuk menginisiasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan termasuk di area unit operasi,” ujar Hermansyah.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) Pertamina sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs) dengan program prioritas.

“Dengan terlibat dalam pengembangan inovasi dan kualitas SDM, Pertamina  berkontribusi bagi pertumbuhan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi,” kata Fadjar.

Baca juga: Enduro Click&Win: Nonton Gratis MotoGP Mandalika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *