Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
NEWSLIVE

Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan

Deviwulandari
  • Oktober 19, 2023
  • 2 min read
Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan

NEWSLIVE- Mandi dengan menggunakan air es atau air dingin saat cuaca panas tidak hanya memberikan sensasi kesegaran, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Salah satu manfaat mandi air es adalah untuk mengurangi rasa nyeri pada otot.

Saat mandi dengan air dingin, pembuluh darah menyempit, mengurangi aliran darah ke area-area tertentu di tubuh. Akibatnya, pembengkakan dan rasa nyeri di otot dapat berkurang, terutama setelah melakukan olahraga intensif. Selain itu, mandi air es juga membantu menurunkan suhu tubuh.

Melansir Kompas.com, Saat cuaca sangat panas, suhu tubuh bisa meningkat, menyebabkan ketidaknyamanan dan penurunan performa. Mandi dengan air es merupakan cara cepat untuk menurunkan suhu tubuh. Namun, penting untuk membatasi durasi mandi agar suhu tubuh tidak turun secara drastis, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Selain mengurangi nyeri otot dan menurunkan suhu tubuh, mandi dengan es juga memiliki dampak positif pada kualitas tidur.

Mandi dengan air dingin dapat membantu menenangkan sistem saraf, mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih nyenyak. Saat tubuh dingin, otak merespon dengan memproduksi hormon melatonin, yang memengaruhi siklus tidur.

Tidak hanya itu, membasuh diri dengan air es juga dikenal dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Air dingin membantu menyempitkan pembuluh darah dan meredakan peradangan pada jaringan-jaringan tubuh. Ini adalah manfaat yang signifikan, terutama bagi mereka yang menderita kondisi peradangan kronis seperti arthritis.

Meskipun mandi air es memiliki sejumlah manfaat, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang disarankan untuk melakukannya. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular atau tekanan darah tinggi, mengguyur diri dengan air es dapat meningkatkan risiko stroke karena perubahan suhu yang drastis dapat memberi tekanan tambahan pada sistem kardiovaskular.

Baca Juga:  Tips Ampuh Atasi Jerawat Dewasa

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mandi dengan air dingin, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau jika Anda sedang dalam perawatan medis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *