Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
NEWSLIVE

Menteri PANRB Mengadakan Pertemuan Dengan Pejabat Pemerintah Estonia di Tallin

AyuRachmahwati
  • Mei 31, 2023
  • 2 min read
Menteri PANRB Mengadakan Pertemuan Dengan Pejabat Pemerintah Estonia di Tallin

NEWSLIVE – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat pemerintah Estonia di ibu kota Tallinn pada Senin (29/05). Estonia adalah salah satu negara dengan digitalisasi pelayanan publik terbaik di dunia.

Pertemuan dilakukan menjelang e-Governance Conference 2023, di mana Indonesia menjadi salah satu negara yang akan memaparkan pelayanan publik berbasis digital. Konferensi internasional itu mengambil tema ‘Digital Innovation as Catalyst for Social Change’ dan akan diadakan 31 Mei 2023 mendatang.

Menteri Anas melakukan pertemuan bilateral dengan Minister of Economic Affairs and Information Technology Estonia Tiit Riisalo. Pertemuan kemudian dilanjutkan bersama Secretary of State, Taimar Petekrop, yang menjelaskan sistem e-Cabinet Estonia yang telah dimulai pada 2000.

Selain itu, Menteri Anas bertemu dengan Executive Director of e-Governance Academy, Hannes Astok. Lembaga ini menjadi rumah bagi GovTech Estonia. Pertemuan kemudian dilanjutkan bersama CEO of CR14, Siim Alatalu yang menjelaskan praktik keamanan siber modern.

Pengembangan digitalisasi terus dilakukan pemerintah Indonesia melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Salah satunya dengan menggali praktik baik dari negara-negara yang memiliki pengalaman digitalisasi pelayanan publik terbaik di dunia.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Menteri Komunikasi dan Ekonomi Digital, Gambia Ousman A. Bah; Wakil Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi, Namibia Emma Theofelus; Sekretaris Tetap Kementerian TIK, Uganda Aminah Zawedde; Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini; Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati; dan lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *