Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
NEWSLIVE

Sambut Liburan Hari Raya Idul Fitri, Aktifkan Kembali Posko Nasional Sektor ESDM

AyuRachmahwati
  • April 12, 2023
  • 3 min read
Sambut Liburan Hari Raya Idul Fitri, Aktifkan Kembali Posko Nasional Sektor ESDM

NEWSLIVE – Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam rangka menyambut libur Hari Raya Indul Fitri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaktifkan kembali Posko Nasional Sektor ESDM. Tahun ini, posko mulai beroperasi sejak hari ini, Senin 10 April hingga 2 Mei 2023 mendatang dengan tugas utama memonitor kebutuhan Ketersediaan dan Pendistribusian, baik dari sektor BBM, gas, pasokan listrik serta antisipasi dini terhadap kebencanaan Geologi.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mendukung kelancaran arus mudik dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sebagaimana biasa kita akan melakukan kegiatan rutin, yaitu memonitor kebutuhan ketersediaan dan pendistribusian, baik dari sektor BBM, gas, pasokan listrik serta antisipasi dini terhadap kebencanaan Geologi,” demikian disampaikan Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang juga Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati dalam Konferensi Pers Pembukaan Posko Nasional Sektor ESDM di Jakarta, Senin (10/4).

Dalam pelaksanaan tugas harian, lanjut Erika, ia akan dibantu oleh Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas selaku penanggung jawab harian, serta petugas posko harian baik dari internal BPH Migas maupun dari Badan Usaha.

Erika menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Posko Nasional Sektor ESDM ini, penting kiranya untuk kita bersinergi agar pelaksanaan Posko berjalan dengan lancar. Sinergitas ini tentu saja bukan hanya internal anggota Posko, tetapi juga sinergitas dengan Stakelholder lainnya, seperti Korlantas POLRI, terkait dengan adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan ataupun titik-titik kemacetan.

Sinergitas juga dilakukan dengan Kementerian Perhubungan baik Perhubungan Darat, Laut dan Udara, terkait dengan peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga, terkait dengan kesiapan Jalur Tol dan Fasilitas Rest Area di Ruas Tol. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, terkait prakiraan cuaca untuk antisipasi daerah-daerah rawan bencana dan cuaca ekstrim.

Baca Juga:  Dirjen Ketenagalistrikan Jisma Hutajulu Ungkap Dua Penyebab Utama Kecelakaan Akibat Listrik

“Dengan sinergitas ini diharapkan hal-hal yang menjadi hambatan maupun kendala, dapat kita antisipasi di awal dan teratasi dengan lebih sigap. Melalui semangat kolaborasi dan sinergitas antar Instansi ini, diharapkan Posko Nasional Sektor ESDM ini dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 2023 dengan suka cita,” ujar Erika.

Jadwal pelaksanaan Posko Sektor ESDM akan beroperasi sejak tanggal 10 April – 2 May 2023 bertempat di Warroom BPH Migas, Lt 4 Gd. BPH Migas dengan waktu beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

Petugas yang akan menjaga posko selain dari internal Kementerian ESDM juga akan diisi Badan Usaha yakni PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), PT PGN Tbk., PT Pertamina Gas, PT AKR Corporindo, Tbk., PT Shell Indonesia, PT Vivo Energy Indonesia, PT Aneka Petroindo Raya, dan PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *