Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
SPOOTLIVE

10 Makanan Super untuk Menjaga Tubuh Tetap Dingin di Cuaca Panas

Desi3
  • Mei 1, 2023
  • 2 min read
10 Makanan Super untuk Menjaga Tubuh Tetap Dingin di Cuaca Panas

SPOOTLIVE – Cuaca panas dapat membuat tubuh dehidrasi dan merasa kekurangan energi. Mengkonsumsi beberapa makanan tertentu bisa membantu menjaga tubuh tetap sejuk di cuaca panas.

Indonesia sendiri merupakan negara tropis dan temperatur umumnya akan berada di sekitar 30-an derajat Celcius serta relatif konstan.

Ditambah lagi dengan perubahan cuaca panas yang terjadi tahun ini di Tanah Air dan juga beberapa negara Asia lainnya, bisa menggangu reaksi tubuh.

Ada beberapa makanan super yang membantu agar tubuh tetap terhidrasi dan dingin.

Berikut adalah makanan terbaik yang bisa masuk dalam konsumsi harian di cuaca panas ini.

1. Melon

Melon yang terasa dingin memuaskan dahaga yang paling intens sekalipun. Selain itu, melon mudah ditemukan sepanjang waktu. Sepotong melon menawarkan pengalaman yang luar biasa dan menyegarkan. Ditambah, melon rendah kalori dan tinggi kandungan air (95 persen), menjadikannya makanan yang sangat dingin untuk dimakan.

2. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan lycopene, yang dikenal sebagai pencegah kanker yang ampuh. Tomat merah terdiri dari 94 persen air, sedangkan varietas hijau adalah sekitar 93 persen H20. Sangat mudah untuk memasukkan buah ini ke dalam makanan sehari-hari Anda, seperti salad dan sandwich.

3. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan air yang menjadikannya tambahan yang ideal untuk dimakan di cuaca yang panas. Mereka juga kaya akan vitamin C yang membantu melindungi tubuh dari sinar matahari.

4. Mentimun

Sebagian besar mentimun terdiri dari air. Mentimun kaya akan air yang membantu kita tetap terhidrasi dan tubuh tetap dingin. Mereka juga kaya serat dan membantu pencernaan yang mungkin terpengaruh di musim panas. Pastikan untuk tetap mengkonsumsi mentimun mentah karena setelah Anda memasaknya, banyak uap air dan air yang keluar.

Baca Juga:  Makanan dan Sajian Khas Idul Fitri dari Seluruh Dunia

5. Kelapa

Kelapa adalah makanan super menyegarkan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kulit kelapa, minyak, dan air semuanya menghidrasi dan memiliki anti-inflamasi. Kelapa juga membantu mengatur tekanan darah.

6. Pisang

Pisang membantu mengecilkan jaringan kita yang meningkatkan kemampuannya untuk menyerap air. Ini membantu kita tetap terhidrasi dan membuat tubuh etap dingin. Pisang juga merupakan camilan yang mengenyangkan dan alternatif yang lebih sehat untuk mengatasi dehidrasi.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau dengan warna gelap terdiri dari 80 – 95 persen air, yang membuatnya sangat mudah dicerna. Ini berarti mereka melewati sistem pencernaan dengan cepat, memberikan sensasi dingin pada tubuh. Tambahkan sayauran hijau ke dalam konsumsi harian agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam cuaca yang panas.

8. Beries

Stroberi, blackberry, blueberry, raspberry, dan cranberry semuanya sangat basah yang mengandung banyak air. Mereka menghasilkan energi dingin di dalam tubuh, menurut pengobatan tradisional Tiongkok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *