Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
April 13, 2024
SPOOTLIVE

7 Fakta Hari Bumi yang Harus Anda Ketahui

Desi3
  • April 20, 2023
  • 4 min read
7 Fakta Hari Bumi yang Harus Anda Ketahui

SPOOTLIVE – Tahun 2023 menandai 53 tahun sejak Hari Bumi pertama diperingati. Inilah yang perlu diketahui tentang hari yang meningkatkan kesadaran lingkungan dan pentingnya mengambil tindakan sekarang.

Bumi adalah planet dengan keindahan alam yang melimpah. Hutan hijau yang indah, air terjun yang memesona, pegunungan yang terjal namun tenang. Ada begitu banyak hal untuk dikagumi dan dijelajahi di planet ini.

Hari Bumi menyoroti cara melestarikan planet ini untuk generasi mendatang. Ada banyak fakta Hari Bumi yang menarik untuk dipelajari!

Hari bumi

Tentang Hari Bumi

Earth Day jatuh pada 22 April setiap tahunnya. Untuk tahun ini, national earth day jatuh pada hari Sabtu.

Hari Bumi merupakan hari untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan yang dihadapi planet kita. Beberapa orang menghadiri acara pelestarian dan kesadaran lingkungan, sementara yang lain mengatur pembersihan, menanam pohon, atau memimpin upaya daur ulang.

Bahkan, tidak sedikit yang membagikan kutipan earth day di media sosial untuk meningkatkan kesadaran akan misinya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Hari Bumi? Baca fakta-fakta berikut ini!

Dimulai pada 1970-an

Earth day pertama kali diadakan pada  22 April 1970 yang diikuti oleh Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 1972. Sejak saat itu, kegiatan ini dirayakan setiap tahun dan dengan perlahan tapi pasti semakin meningkat karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga dunia kita.

Hari Bumi menjadi acara global

Fakta Hari Bumi yang menarik: Kegiatan kampanye menjaga bumi menjadi urusan segelintir pihak selama 20 tahun sebelum akhirnya mendunia dan menyebar ke 140 negara pada 1990.

Sekarang, Hari Bumi dirayakan di lebih dari 190 negara, dengan perkiraan 1 miliar orang di seluruh dunia berpartisipasi setiap tahun.

Baca Juga:  6 Warna yang Sebaiknya Dihindari untuk Kamar Tidur

Gagasan Gubernur Wisconsin Gaylord Nelson

Gaylord Nelson, gubernur Wisconsin, AS, selama dua periode (1958 hingga 1962), bertanggung jawab untuk memfokuskan kebijakan lingkungan negara bagiannya. Ia mendirikan satu Departemen Pengembangan Sumber Daya, Korps Konservasi Pemuda, dan menyisihkan $50 juta untuk membeli tanah dan mengubahnya menjadi taman dan daerah hutan belantara selama tahun-tahun dia menjabat. Hal yagn dilakukan tersebut membuatnya mendapat julukan “Gubernur Konservasi”.

Nelson kemudian terpilih sebagai senator AS, di mana dia dikenal sebagai juara bumi, dengan menyatakan bahwa “Lingkungan adalah seluruh Amerika dan masalahnya”.

Hari Bumi dikenal secarai global pada 1990

Pada kesempatan ulang tahunnya yang ke-20 pada 1990, penyelenggara memutuskan telah tiba waktunya untuk membawa gerakan ini secara global dengan 200 juta orang di 141 negara berpartisipasi. Dampak hari itu sangat besar: Ini memulai inisiatif besar-besaran untuk mendaur ulang dan membuka jalan bagi KTT Bumi Perserikatan Bangsa-Bangsa 1992 di Rio de Janeiro.

PBB bergabung dengan perayaan Earth Day pada tahun 2000

Pada peringatan 30 tahun Hari Bumi, bertepatan dengan milenium baru, Hari Bumi diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, spesies manusia telah memasuki era baru di mana sifat seluruh planet sedang berubah secara mendasar,” kata organisasi internasional itu dalam sebuah pernyataan tentang Hari Bumi.

“Umat manusia menghadapi epidemi, lubang besar di lapisan ozon, dan perubahan iklim global. Dalam konteks itu, diperlukan warga negara yang terinformasi, yang akan mengambil peran kepemimpinan dalam menarik kekuatan politik dan ekonomi ke arah yang benar. Sudah waktunya untuk perubahan yang hebat, baik di level tinggi maupun rendah. Pada tahun 2000, sebuah keputusan telah dibuat untuk berfokus pada energi dan perubahan iklim”.

Baca Juga:  Nyepi: Ketika Bali Berhenti Berdetak, Sebuah Introspeksi

Perayaan Hari Bumi setiap tahunnya memiliki tema

Perayaan ini memiliki tema berbeda setiap tahunnya. Tahun ini bertema “Invest in Our Planet”, yang merupakan kelanjutan dari tema tahun 2022.

Menurut earthday.org, tema tersebut menyerukan bisnis, organisasi, dan warga negara untuk bertindak sekarang dan berinvestasi dalam praktik yang menciptakan Dunia yang sehat dan masa depan yang berkelanjutan.

Menjadi virtual di abad ke-21

Tahun 2000 juga menandai era ketika Internet membantu menyebarkan pesan tentang perlunya kebijakan lingkungan yang kuat secara luas. Terhubung secara virtual memungkinkan 5.000 kelompok lingkungan untuk menemukan satu sama lain dan mengoordinasikan pengiriman pesan mereka. Itu memungkinkan orang-orang dari 184 negara untuk bergabung dalam pawai dan demonstrasi serta tindakan pengorganisasian dalam perayaannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *