Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
SPOOTLIVE

7 Ragam Menu Es Khas Nusantara untuk Berbuka Puasa

Desi3
  • April 4, 2023
  • 3 min read
7 Ragam Menu Es Khas Nusantara untuk Berbuka Puasa

SPOOTLIVE –Bulan Ramadan menjadi waktu yang dinantikan banyak orang. Setelah berpuasa seharian penuh, mempersiapkan menu berbuka puasa menjadi hal yang menyenangkan.

Ada beragam hidangan menu buka puasa populer yang banyak muncul saat bulan Ramadan dan hampir ada di setiap tempat.

Selain kolak, minuman dingin dan cenderung punya cita rasa manis kerap diburu untuk menu berbuka puasa. Selama Ramadan, menu takjil buka puasa ini cukup mudah ditemukan.

Ragam menu es yang dingin dan segar semakin naik pamornya selama bulan Ramadan. Indonesia sendiri punya banyak sekali jenis es yang bisa dinikmati untuk berbuka puasa.

Berikut 7 minuman dingin khas Nusantara yang bisa dicoba untuk berbuka puasa

1. Es dawet

Di sebut cendol di Jawa Barat dan dawet di Jawa Tengah, es ini banyak ditemukan di Pulau Jawa. Minuman tradisional ini  terbuat dari tepung beras dengan campuran air daun pandan suji. Es dawet dihidangkan dengan santan dingin dan gula aren cair, yang dijamin akan membuat buka puasa menjadi segar.

2. Es kelapa muda

Meskipun terbilang sederhana, es kelapa muda mampu mengobati dahaga yang dirasakan setelah puasa seharian. Ditambah lagi dengan manfaat air kelapa yang bisa menggantikan cairan tubuh, membersihkan racun, dan menyehatkan kulit.

3. Es doger

Es doger awalnya berasal dari Cirebon dan daerah Jawa Barat lainnya. Minuman yang satu ini berbahan dasar santan dengan warna merah muda dengan campuran tape, daging kelapa, ketan hitam, alpukat, roti tawar, dan sagu mutiara. Es doger dihidangkan dengan campuran es serut yang membuat segar.

4. Es buah

Di bulan Ramadan, es buah menjadi salah satu minuman dingin yang banyak diburu untuk hidangan buka puasa. Bisa dibilang, es buah menjadi hidangan buka puasa yang selalu hadir, baik di rumah, kantor, atau instansi resmi. Minuman segar dan dingin ini terdiri dari potongan buah segar yang dipadu dengan sirup, susu, dan serutan es. Hmm, terbayang segarnya, kan!

Baca Juga:  Pendidikan Holistik: Integrasi Soft Skill dan Hard Skill

5. Es pisang ijo

Meskipun bisa ditemukan di luar bulan Ramadan, minuman es yang satu ini juga populer sebagai hidangan buka puasa. Kuliner khas Makassar ini terbuat dari pisang yang dilapisi tepung berwarna hijau. Es pisang hijau segar dinikmati dengan tambahan santan dingin dan sirup atau bahan-bahan lain, seperti bubur sumsum, sagu Mutiara, dan ketan hitam.

6. Es teler

Mirip dengan es buah, es teler bisa ditemukan di berbagai kota di seluruh Nusantara. Es teler biasanya menggunakan potongan buah alpukat sebagai ciri khasnya. Selain alpukat, es teler biasanya terdiri dari nangka, buah naga, dan es serut dan dihidangkan dengan kuah air kelapa muda, susu kental manis, dan sirup gula.

7. Es Blewah

Es blewah bisa dibilang ciri khas minuman dingin saat berbuka puasa. Dengan rasa manis dan segar, es ini menguarkan aroma yang semerbak. Dengan campuran serutan daging blewah, biji selasih, dicampur dengan gula cair atau siurp, air putih secukupnya, dan es batu, haus dan dahaga langsung sirna saat meminum es yang satu ini!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *