Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Apa yang Menyebabkan Lingkaran Hitam dan Bengkak di Bawah Mata?

Desi3
  • Juli 28, 2023
  • 5 min read
Apa yang Menyebabkan Lingkaran Hitam dan Bengkak di Bawah Mata?

SPOOTLIVE – Menuruh ahli, lingkaran hitam adalah masalah pembuluh darah. Kulit di area mata putih dan sangat tipis, sehingga pembuluh darah yang lebih dalam lebih terlihat dengan mata biasa.

Pembuluh darah di area bawah mata bisa menjadi lebih terlihat karena kelelahan, kelelahan mata, dan alasan lainnya.

Tetapi, lingkaran hitam yang dihasilkan bisa jadi sulit diobati kecuali jika mengetahui akar penyebabnya.

Penyebab paling umum dari lingkaran hitam

Menurut para dokter, berikut adalah beberapa factor penyebab lingkaran hitam

Genetika

Genetika dapat membuat Anda cenderung memiliki lingkaran hitam di bawah mata yang dapat muncul sejak masa kanak-kanak.

Apakah anatomi wajah Anda membuat lingkaran hitam lebih terlihat atau memiliki riwayat keluarga dengan lingkaran hitam (juga dikenal sebagai hiperpigmentasi periorbital), faktor genetik dapat berkontribusi pada penampilan kulit.

Alergi

Jika memiliki alergi, Anda mungkin berpikir itu datang dengan lingkaran hitam. Anda dapat menganggap lingkaran hitam ini sebagai kilau alergi yang disebabkan oleh alergi musiman.

Sinus yang meradang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah, yang melebar dan menggelapkan pembuluh darah di area bawah mata.

Jika Anda mengalami gatal akibat alergi, menggosok area bawah mata dapat memperburuk tampilan lingkaran hitam dan merusak kulit halus di bawah mata.

Kurang tidur

Kurang tidur, baik akibat begadang atau insomnia yang terus-menerus, adalah penyebab umum lingkaran hitam yang terlihat.

Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah melebar di sekitar mata, yang membuat lingkaran hitam terlihat lebih menonjol.

Mata lelah

Menonton TikTok selama berjam-jam atau streaming seluruh musim acara TV favorit Anda mungkin ada efeknya.

Menatap layar dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan mata, yang memperbesar pembuluh darah di sekitar mata. Pembuluh darah yang membesar dapat menggelapkan tampilan kulit bawah mata.

Baca Juga:  Investasi Emas: Keuntungan dan Risiko

Penuaan

Anda mungkin pertama kali melihat tanda-tanda penuaan yang terlihat di area bawah mata. Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin di kulit rusak, yang membuat kulit lebih tipis dan lebih transparan ke struktur pembuluh darah di bawahnya.

Selain itu, area di bawah mata adalah tempat hilangnya lemak yang sering menonjol, yang dapat menciptakan tampilan cekung yang menimbulkan bayangan.

Cara terbaik mengoleskan krim mata

​Sebelum mengoleskan krim mata, ada baiknya untuk memahami anatomi limpatik di sekitar mata.

Limpatik adalah sistem drainase untuk cairan yang menumpuk di jaringan lunak. Cairan cenderung menumpuk di jaringan lunak wajah dan sekitar mata. Ini bisa memburuk dengan alergi, rosacea, tekanan darah tinggi, dan perubahan hormonal.

Semakin lama cairan tersebut mengendap, semakin besar kemungkinan tekstur kulit di wajah Anda berubah.

Banyak orang akan memperhatikan bahwa kulit mereka mulai terlihat seperti kulit jeruk atau kantong di bawah mata mereka tampak lebih menonjol,” kata Ilyas.

Berikut tips yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi krim mata.

Pijat lembut

Agar cairan wajah bergerak ke arah yang benar, lakukan pijatan lembut untuk mengembalikannya ke sistem limpatik dan membantu mengontrol efek pembengkakan.

Pijatan lembut dari tengah wajah ke arah luar di sekitar mata dapat membantu mengurangi tampilan kantong di bawah mata.

Kiat pro: Mengoleskan krim mata sebagai bagian rutin perawatan kulit sebelum memijat mata dengan lembut adalah cara yang bagus untuk merawat kulit.

Gunakan jari manis

Disarankan untuk menggunakan krim mata seukuran kacang polong dan menggunakan jari manis Anda sambil menepuk lembut di sekitar mata Anda. Ini menjadi pilihan yang tepat jika tidak punya waktu untuk pijat mata dengan lembut.

Baca Juga:  Menjaga Kesehatan Mental Saat Mudik Lebaran

Jari manis adalah jari yang paling lemah dan paling baik untuk aplikasi krim mata, karena tidak terlalu menekan kulit halus di sekitar mata.

Anda juga dapat menggunakan kapas untuk mengoleskan produk dengan hati-hati di sekitar mata. Namun, pastikan untuk menghindari menarik atau meregangkan kulit, karena area di sekitar mata sangat halus dan mudah rusak.

Dinginkan krim mata sebelum digunakan

Anda bisa memasukan produk mata ke dalam kulkas supaya enak dan dan menyegarkan saat akan diaplikasikan ke kulit.

Cukup periksa label produk Anda dengan hati-hati sebelum melakukannya, jika krim pilihan Anda memerlukan suhu penyimpanan tertentu untuk penggunaan terbaik.

Tips lainnya

Penting untuk mengoleskan krim mata dengan lembut dan menggunakan produk secukupnya untuk menutupi area target.

Pastikan untuk meluangkan waktu dan jangan lupa menambahkannya ke rutinitas perawatan kulit setiap hari.

Kandungan dalam krim mata untuk lingkaran hitam

Krim mata tersedia dalam berbagai formula dengan berbagai bahan yang dirancang untuk menargetkan berbagai tujuan perawatan kulit.

Kunci untuk memilih produk yang tepat untuk bagian bawah mata adalah memahami apa yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata tersebut.

Beberapa kandungan utama yang perlu dipertimbangkan meliputi:

Asam hialuronat

Ingin montok, kulit terhidrasi? Asam hialuronat mungkin menjadi sahabat terbaik.

Glikosaminoglikan alami ini ditemukan di seluruh jaringan ikat tubuh kita. Senyawa ini membantu kulit menahan air sehingga tetap terhidrasi.

Krim dengan asam hialuronat, serta peptida dan ceramide membantu menjaga kulit di bawah mata dan terhidrasi.

Kafein

Kafein dapat melakukan lebih dari membantu kita melawan kantuk. Ini juga dapat memiliki manfaat untuk mata Anda.

Kafein adalah bahan yang terkenal dan disukai yang sering ditemukan dalam produk di bawah mata, karena berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah di bawah mata.

Baca Juga:  Tips dan Strategi Memulai Rutinitas Lari

Bahan ini juga dapat membantu mencerahkan area bawah mata dan membuat mata yang lelah terlihat lebih segar.

Vitamin C

Kulit kusam di bawah mata adalah hal yang biasa terjadi pada lingkaran hitam, tetapi memilih krim mata yang kaya vitamin C dapat membantu membantu area bawah mata.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat mencerahkan area bawah mata, memperkuat kulit yang menipis, dan meningkatkan produksi kolagen — protein yang membuat kulit Anda kenyal dan kenyal.

Vitamin K

Vitamin K adalah bahan populer dalam krim mata karena sifat penyembuhannya. Vitamin K meningkatkan metabolisme sel dan memiliki sifat anti-inflamasi, dengan efek yang diketahui membantu pembekuan darah.

Kemampuan untuk membantu pembekuan darah ini menjadikannya bahan yang tangguh untuk menghilangkan lingkaran hitam.

Retinoid

Seiring bertambahnya usia, kulit di bawah mata Anda mungkin menjadi lebih tipis dan akhirnya terlihat seperti krep. Garis-garis halus bisa mulai terbentuk seiring waktu.

Jika kulit yang menipis adalah penyebabnya, temukan krim mata dengan retinoid lembut yang dapat membantu menebalkan kulit dari waktu ke waktu.

Retinoid membantu memperlambat pengurangan produksi kolagen alami tubuh dengan membantu pergantian sel kulit.

Namun perlu diperhatikan, adalah retinoid sangat kuat, jadi gunakan dengan hati-hati – dan pilihlah formula yang dibuat khusus untuk area bawah mata. Saat mengoleskan krim retinoid, sedikit saja sudah cukup.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *