Huawei menjadi brand ponsel lipat yang diminati di China
SPOOTLIVE – Menurut IDC, pasar ponsel lipat Cina mencatat pertumbuhan sebesar 114,5% YoY pada tahun 2023. Jumlah pengiriman mencapai 7,007 juta unit, jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan pengiriman pasar tablet India.
Pada kuartal keempat saja, pengiriman mencapai 2,771 juta unit. Produk baru dari Huawei, Oppo, dan Honor berkontribusi terhadap pertumbuhan ini.
Pasar ponsel lipat Cina telah tumbuh lebih dari 100% YoY selama empat tahun terakhir sejak perangkat pertama masuk pasar pada tahun 2019. Karena kategori ini kini lebih matang, kinerjanya diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.
Bagian dari ponsel lipat yang berharga di atas $1000 turun menjadi 66,5% dari 81%. Hal ini disebabkan oleh peningkatan ponsel lipat yang terjangkau di segmen $400-$600.
Namun, konsumen Cina lebih memilih ponsel lipat horizontal gaya buku dibandingkan dengan ponsel lipat vertikal clamshell yang lebih murah. Tingkat adopsi tipe ini tinggi di kalangan orang kaya.
Untuk konsumen premium seperti ini, harga bukanlah masalah. Maka dari itu, mereka memilih ponsel lipat horizontal yang menawarkan set fitur maksimum pada ponsel lipat.
Berbicara tentang merek, Huawei memimpin pasar dengan pangsa 37,4%. Mate X5 terus diminati lebih dari pasokannya sejak peluncurannya.
Pemain global teratas, Samsung, hanya menduduki peringkat keempat dengan pangsa 11%. Sementara posisi kedua, ketiga, dan kelima ditempati oleh Oppo (18,3%), Honor (17,7%), dan Vivo (9,7%), secara berturut-turut. Find N3 Flip adalah ponsel lipat clamshell yang paling populer.
Akhirnya, Xiaomi mendapatkan posisi keenam dengan pangsa 4,6% dan Lenovo di tempat ketujuh hanya memiliki pangsa 1,4%.