Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Ini Dia 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Desi3
  • Agustus 9, 2023
  • 3 min read
Ini Dia 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

SPOOTLIVE – Yoga menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia.

Terlepas dari tingkat keahlian yoga seseorang, jika berlatih secara teratur, maka tubuh akan terasa lebih baik dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Dan, jika seseorang sedang mengalami suatu penyakit, dalam masa pemulihan setelah operasi, atau hidup dengan kondisi kronis, yoga dapat menjadi bagian integral dari perawatan dan berpotensi mempercepat penyembuhan.

Kata “yoga” berasal dari kata dasar “yuj” yang berarti “mengikat”. Kata itu sendiri memiliki banyak arti, mulai dari hubungan astrologi hingga perkawinan, dengan tema yang mendasarinya adalah hubungan.

Penelitian ilmiah mengenai manfaat yoga masih bersifat awal, namun sejauh ini banyak bukti yang mendukung apa yang tampaknya telah diketahui oleh para praktisi selama ribuan tahun: Yoga sangat bermanfaat bagi kesejahteraan secara keseluruhan.

Mari kita lihat 5 dari sekian banyak manfaat yoga untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu menghilangkan stres

Banyak orang memilik melakukan yoga untuk menghilangkan stres. Ilmu pengetahuan mendukung bahwa yoga, dan terutama asana, sangat baik dalam mengurangi stres.

Tapi perlu diingat, latihan fisik hanyalah salah satu aspek yoga. Meditasi, latihan pernapasan, dan ritual pendengaran, seperti nyanyian dan mendengarkan musik, semuanya juga telah terbukti secara signifikan mengurangi ketegangan dan menghilangkan stres.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Pada tahun 2016, dua organisasi yoga terkemuka, Yoga Journal dan Yoga Alliance, melakukan survei di seluruh dunia yang mengamati berbagai statistik tentang yoga dalam upaya mengukur nilainya di tengah popularitas yang terus meningkat.

Alasan yang paling banyak dikutip orang memilih melakukan yoga adalah untuk “meningkatkan fleksibilitas”.  Fleksibilitas merupakan komponen penting dari kesehatan fisik.

Baca Juga:  5 Makanan Terbaik untuk Disantap Saat Sarapan di Pagi Hari

Yoga menawarkan banyak gaya untuk dipilih, intensitasnya bervariasi dari tinggi, sedang, hingga ringan. Bahkan gaya intensitas terendah pun terbukti meningkatkan fleksibilitas.

Yoga tampaknya sangat membantu untuk meningkatkan fleksibilitas pada orang dewasa berusia 65 tahun ke atas. Berkurangnya fleksibilitas adalah bagian alami dari penuaan, dan sebuah penelitian pada tahun 2019 menemukan bahwa yoga memperlambat kehilangan dan meningkatkan fleksibilitas pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Dapat mengurangi peradangan

Seringkali, pertanda penyakit adalah peradangan kronis. Penyakit jantung, diabetes, radang sendi, penyakit Crohn, dan banyak kondisi lainnya terkait dengan peradangan yang berkepanjangan.

Dalam studi penelitian ditemukan hasil yang sama: Yoga – dengan berbagai gaya, intensitas, dan durasi – mengurangi penanda biokimia peradangan pada beberapa kondisi kronis.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Gangguan depresi mayor (MDD) dianggap sebagai salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum di dunia.

Sebuah analisis tahun 2017 terhadap 23 peserta mengamati efek pengobatan berbasis yoga pada gejala depresi menyimpulkan bahwa yoga sekarang dapat dianggap sebagai pengobatan alternatif yang efektif untuk MDD.

Terapi yoga berbasis gerakan dan praktik berbasis pernapasan telah terbukti memperbaiki gejala depresi secara signifikan.

5. Dapat meningkatkan kekebalan

Stres kronis berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Ketika kekebalan tubuh terganggu, Anda lebih rentan terhadap penyakit. Namun, seperti yang dibahas sebelumnya, yoga dianggap sebagai pengobatan alternatif yang didukung secara ilmiah untuk mengatasi stres.

Penelitian terhadap manfaat yoga masih terus berkembang, namun beberapa penelitian telah menemukan hubungan yang jelas antara berlatih yoga (terutama secara konsisten dalam jangka panjang) dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Hal ini sebagian disebabkan oleh kemampuan yoga untuk melawan peradangan dan sebagian karena peningkatan imunitas tubuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *