Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
September 20, 2024
SPOOTLIVE

Ini Dia 6 Cara Mengatasi Gangguan di Kantor

Desi3
  • September 20, 2023
  • 3 min read
Ini Dia 6 Cara Mengatasi Gangguan di Kantor

SPOOTLIVE – Kiat untuk menangani gangguan di kantor, yang tidak dialami saat bekerja dari rumah. Ketika tempat kerja dibuka kembali setelah pandemi, gangguan bekerja di ruangan yang sama dengan orang lain juga kembali muncul.

Dengan semakin banyak karyawan yang kembali ke kantor, banyak yang harus menyesuaikan diri dengan gangguan yang tidak mereka alami di rumah, termasuk bertemu dengan rekan kerja yang sudah lama tidak mereka temui.

Jika Anda kesulitan untuk tetap fokus, berikut beberapa saran untuk mengatasi gangguan yang mengganggu produktivitas di kantor.

​1. Siapkan diri

Saat mencari cara untuk bekerja secara efisien, mulailah dengan lingkungan terdekat Anda. Tentukan apa yang paling mengganggu fokus Anda. Jika tergoda untuk melihat ponsel terlalu sering, simpanlah di laci.

Jika kebisingan kantor mengganggu, belilah sepasang headphone atau earbud peredam bising. Atau Anda juga bisa membuat wallpaper khusus untuk ponsel Anda yang bertuliskan, “Apakah ini hal terpenting yang harus dilakukan saat ini?”

2. Matikan notifikasi

Saat ini, gangguan yang paling umum di tempat kerja adalah digital. Anda mungkin dibombardir dengan pesan teks, notifikasi, atau pop-up peringatan email yang muncul.

Cobalah matikan notifikasi sebanyak mungkin, sehingga Anda tidak selalu beralih ke tugas baru sebelum menyelesaikan tugas yang sedang dikerjakan.

3. Kenali tujuan mana yang paling penting

Terlepas dari semua sarana yang kita miliki untuk berkomunikasi, kita sering kali tidak melakukannya dengan baik. Penting untuk bekerja sama dengan supervisor Anda untuk memahami bagaimana pekerjaan Anda berkontribusi pada prioritas organisasi.

Sulit untuk bersemangat dengan pekerjaan dan menjadi seproduktif mungkin jika Anda tidak memahami mengapa pekerjaan yang Anda lakukan penting.

Baca Juga:  Strategi Karir yang Efektif untuk Sukses di 2024

4. Latih kembali otak

Mungkin diperlukan sedikit latihan untuk kembali bekerja di dekat orang lain. Otak adalah otot mental yang dapat dilatih dan dioptimalkan. Dengan latihan, Anda dapat melatih kembali otak untuk bekerja dalam periode fokus yang lebih dalam.

Cobalah untuk menetapkan tujuan dan memantau kemajuan serta lihat seberapa baik Anda menghalangi dan mengabaikan gangguan.

5. Jadwalkan waktu untuk mengejar ketinggalan

Jika Anda baru kembali bekerja atau memiliki jadwal hybrid di mana orang-orang tidak sering berada di kantor bersama-sama, kemungkinan besar Anda senang bertemu rekan kerja dan ingin bertemu kembali.

Karyawan kehilangan koneksi, yang membuat obrolan di kantor tentang hal-hal yang tidak terkait lebih banyak terjadi. Salah satu taktik untuk mengatasi obrolan adalah dengan menetapkan batas waktu di awal, dengan mengatakan, misalnya, Anda punya waktu 10 menit sekarang untuk mengobrol. Alternatifnya, jadwalkan waktu tertentu untuk mengobrol sambil makan siang, minum kopi, atau saat istirahat sejenak.

6. Blokir waktu pada jadwal kantor

Anda diekomendasikan untuk memblokir waktu pada jadwal kantor untuk tugas-tugas tertentu. Dengan mengingat siklus energi pribadi, gunakan kalender untuk menentukan blok waktu tertentu untuk tugas tertentu, seperti percakapan satu lawan satu atau tugas administratif.

Metode lainnya adalah dengan cara menyetel pengatur waktu untuk jangka waktu tertentu dan hanya fokus pada tugas tertentu selama waktu tersebut. Teknik ini membantu Anda fokus dalam waktu yang lebih singkat dan cenderung lebih mudah diakses daripada mencoba melakukan blok yang panjang dan berjam-jam tanpa terganggu.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi gangguan di kantor yang bisa diterapkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *