Netwriter can get reward Join NowLOGIN / DAFTAR Netwriter
February 6, 2023
Uncategorized

Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”

tiyar
  • Juli 6, 2022
  • 3 min read
Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”

DIKSAR, Malangpost.id – SMPN 22 Malang merupakan sekolah yang terletak di kawasan timur Kota Malang, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di daerah perbukitan Villa Gunung Buring, Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

Kondisi nan sejuk dan nyaman serta jauh dari keramaian kota yang di miliki sekolah ini, sangat mendukung proses pembelajaran yang di lakukan sehari – hari.

SMPN 22 Malang berdiri pada tanggal 20 Oktober 1999, dengan luas 5.597 m2, memiliki 36 ruang, dengan jumlah ruangan belajar 20 kelas, jumlah siswa keseluruhan 610 dan di dukung oleh tenaga pendidik 35 orang, sebanyak 2 orang di antaranya pendidikan S – 2, dan 1 orang masih menempuh pendidikan S – 2, dengan 9 tenaga non kependidikan. 

Sekolah telah banyak menjalankan kerja sama dengan berbagai instansi terkait antara lain Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Puskesmas Kedungkandang dan masih banyak mitra yang lain. 

Dukungan Komite sekolah juga sangat tinggi untuk membantu terwujudnya sekolah Adiwiyata, dengan mencarikan sponsor – sponsor dan perguruan tinggi kemajuan sekolah. 

Salah satu program yang saat ini sedang di garap serius bersama Dinas Pendidikan Kota Malang adalah Program Control Teaching Evaluation System Guru (CONTES Guru), yang di mana Bapak dan Ibu Wali Kelas, Guru, serta seluruh staff dan karyawan SMPN 22 Malang adalah sebagai penggerak utama kegiatan ini.

Pelayanan Publik yang Bernama “CONTES Guru”

Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”
Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”

CONTES Guru merupakan salah satu inovasi yang berfungsi di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi sekolah sebagai lembaga pendidikan. 

Inovasi ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan guru dalam pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik, guru, dan sekolah. 

CONTES Guru diadakan menjelang pelaksanaan penilaian akhir semester. CONTES Guru sebagai sistem evaluasi pembelajaran memiliki potensi untuk dikembangkan di lembaga pendidikan yang lain. 

Guru sebagai sasaran utama yang menentukan keberhasilan dari inovasi ini. Guru memiliki porsi terbesar dalam memberikan kontribusi terhadap mutu pendidikan.

Kontribusi Terhadap Nasional oleh SMPN 22 Malang

Program CONTES Guru sebagai alat kontrol untuk meningkatkan layanan kinerja guru dan sekolah yang meliputi efisiensi dan efektivitas. Dapat di katakan efisien karena pencapaian hasil program CONTES Guru sangat signifikan. 

Guru langsung meng – Up Grade kompetensinya untuk menutupi kekurangannya melalui program pengembangan diri seperti Workshop, Diklat, ataupun pendampingan oleh guru senior. 

Program ini sangat efektif karena lebih terarah pada tujuan yang ingin di capai yaitu sistem kontrol pembelajaran guru yang akurat melalui quisioner peserta didik yang secara langsung sebagai penerima layanan pendidikan.

Kegiatan Inovatif SMPN 22 Malang

Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”
Program Pelayanan Publik SMPN 22 Malang “CONTES Guru”

Melalui peserta didik, kompetensi guru bisa di ketahui secara objektif karena peserta didik yang merasakan langsung layanan pembelajaran dari guru. 

Setiap Guru mendapatkan gambaran capaian kompetensinya secara individu dan rerata umum dalam bentuk “rapor”. Yaitu, berupa grafik dan deskripsi yang menyertakan rekomendasi. 

Peran penting dalam pelaksanaan CONTES Guru juga terletak pada komite sekolah yang telah memberikan pertimbangan dalam pengembangan inovasi ini.

Kesimpulan

CONTES Guru sebagai bagian dari evaluasi kinerja guru dapat di laksanakan secara efektif karena beberapa faktor. Guru sangat di perlukan untuk mendukung perbaikan kinerja guru. 

Menjamurnya platform / ruang pelatihan online untuk pengembangan diri guru juga ikut menentukan keberhasilan tindak lanjut inovasi ini. 

Harapannya adalah adanya peningkatan Kemampuan NonTeknis dalam Adaptasi Teknologi, Guru Belajar, dan Berbagi Seri Literasi serta Numerasi bagi seluruh civitas akademika SMPN 22 Malang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *