Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
December 5, 2023
SPOOTLIVE

Kerusakan Rambut dan Cara Memperbaikinya, Cek di Sini!

Desi3
  • Oktober 17, 2023
  • 6 min read
Kerusakan Rambut dan Cara Memperbaikinya, Cek di Sini!

SPOOTLIVE – Rambut kita sering kali menjadi acuan bagi kesehatan kita. Dari rambut lembut dan halus hingga kerusakan kering dan rapuh, itulah yang kami rasakan. Terkadang secara harfiah.

Kita banyak melakukan banyak hal terhadap rambut; meluruskan, keramas, melembabkan, menyemprot, memotong, dan mewarnainya.

Namun meski kita penuh perhatian, tekstur, volume, dan warna rambut bisa berubah secara tidak terduga.

Meskipun tidak dapat memperbaiki rambut rusak, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memulihkan kesehatan rambut seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat mencakup perawatan dan pengobatan yang ditargetkan, tergantung pada penyebab kerusakannya.

Kerusakan rambut lebih dari sekedar ujung rambut bercabang. Rambut yang sangat rusak menyebabkan retakan pada lapisan luar (kutikula). Setelah kutikula terangkat (terbuka), rambut berisiko mengalami kerusakan dan kerusakan lebih lanjut. Mungkin juga terlihat kusam atau kusut dan sulit diatur.

Jadi bisakah Anda mengubah rambut kering dan rapuh menjadi rambut halus dan berkilau? Pada umumnya, kerusakan rambut bersifat permanen karena rambut sebenarnya merupakan kumpulan sel-sel mati sehingga tidak dapat diperbaiki lagi.

Satu-satunya obat yang nyata adalah berjalannya waktu, gunting, dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerusakan baru.

Namun jangan putus asa, dengan perawatan rambut yang tepat dan beberapa perawatan yang ditargetkan, Anda dapat membantu memulihkan kutikula bagian luar dan mulai memperbaiki tampilan dan nuansa rambut.

Penyebab rambut rusak dan cara mengatasinya

Jika tidak yakin apa penyebab rambut rusak, Anda bisa tetap mengobati gejalanya. Beberapa opsi di bawah untuk mengatasi masalah rambut rusak secara efektif.

1. Kusut

Rambut rusak mudah kusut. Kutikula yang terangkat menciptakan lebih banyak gesekan dan menarik helai rambut lainnya dengan lebih agresif dibandingkan kutikula yang ramping dan tertutup. Kurangnya kelembapan pada setiap helai rambut juga dapat menambah kerumitan situasi Anda.

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut

Sikat dan uraikan dengan hati-hati. Mulailah dari ujung rambut dan perlahan-lahan buat simpulnya saat Anda bergerak ke arah akar. Memulai dari bagian atas kepala dan menarik sikat ke rambut dengan paksa dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan permanen serta rambut kusut dan kusut yang tidak diinginkan.

Hanya sisir rambut saat kering. Kecuali jika Anda memiliki rambut bertekstur atau keriting rapat, sisirlah rambut hanya saat sudah benar-benar kering.

Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang untuk mengoleskan kondisioner atau menghilangkan kekusutan pada rambut, tetapi tunggu hingga kering untuk menghilangkan sikatnya. Rambut basah lebih mudah patah dan lebih rentan teregang secara berlebihan, sehingga dapat menyebabkan kerusakan di seluruh batangnya.

Tanpa sikat rambut. Ini berlawanan dengan intuisi, tetapi menyikat rambut adalah saat yang paling mungkin menyebabkan kerusakan. Sikat rambut Anda sebelum mencucinya dan bila benar-benar diperlukan sepanjang hari. Lakukan dengan lembut dan perlahan saat Anda menyikat.

Ikat rambut. Kuncir rambut, kepang, atau sanggul longgar sebelum melakukan aktivitas apa pun yang sering membuat rambut kusut. Hal ini sering kali mencakup berlari atau mengemudi dengan jendela terbuka.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada

Perhatikan kelembapannya. Rambut yang kekurangan minyak alami seringkali kasar, kusam, dan rentan terhadap listrik statis dan kusut. Rambut yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak kusut atau kusut. Jika kondisioner saja tidak cukup, pertimbangkan untuk menambahkan kondisioner tanpa bilas ke dalam rutinitas Anda.

2. Kusam dan kering

Rambut rusak seringkali kekurangan minyak alami dan kelembapan yang melapisi bagian luar kutikula. Tanpa ini, rambut akan kehilangan kilaunya.

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut

Kurangi frekuensi keramas. Shampo dirancang untuk menghilangkan penumpukan minyak dan produk di kulit kepala. Saat ia menembus rambut, ia juga menghilangkan minyak dari rambut Anda. Cobalah keramas setiap dua hari sekali — atau kurangi jika bisa — untuk membantu menjaga minyak di rambut dan mencegah hilangnya kelembapan secara berlebihan.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada

Gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut kering. Sampo dengan kelembapan tambahan dan deterjen yang tidak terlalu intens dapat membantu mencegah terlalu banyak minyak terkelupas dan menambah kelembapan kembali. Berhati-hatilah untuk hanya keramas kulit kepala.

Gunakan minyak jojoba. Minyak jojoba dapat membantu memperkuat dan merehidrasi rambut. Jojoba sering ditambahkan ke kondisioner, tetapi Anda dapat menambahkannya ke kondisioner yang dimiliki saat ini. Anda juga bisa mengoleskan minyak murni ke ujung rambut saat rambut Anda lembap.

3. Keriting

Rambut keriting adalah tanda kutikula tidak rata. Ini juga bisa berarti bahwa serat bagian dalam rambut Anda terekspos.

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut

Bilas dengan air dingin. Air panas akan membuka lapisan luar rambut (kutikula), sedangkan air dingin dapat membantu menutupnya. Membilas dengan air dingin dapat membantu melindungi lapisan dalam rambut dan menahan minyak yang menghidrasi.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada

Gunakan produk yang tepat. Shampo yang terlalu keras dapat menghilangkan terlalu banyak minyak alami rambut. Hal ini dapat menyebabkan helaian rambut sulit diurai dan kusut saat kering. Carilah sampo dan kondisioner yang lebih melembapkan.

Cobalah bilas cuka sari apel (ACV). Air dan produk yang digunakan dapat memengaruhi tingkat pH rambut Anda. Jika pH rambut terlalu tinggi, kutikula bisa terangkat dan kusut. Bilas dengan cuka sari apel dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH pada rambut dan kulit kepala serta menambah kilau rambut.

Gunakan minyak Argan. Minyak Maroko ini sangat melembapkan dan kaya akan vitamin A dan E. Minyak ini juga dapat membantu mencegah kerusakan jika Anda perlu segera menyisir atau menata rambut. Carilah produk yang mengandung Argan, atau usapkan minyak ke ujung rambut saat rambut masih lembap.

4. Rapuh dan pecah

Rambut rapuh bisa terasa seperti jerami dan mudah patah. Ini adalah salah satu gejala yang paling sulit untuk ditangani, dan sering kali terjadi pada rambut yang ditata secara berlebihan.

Bagaimana membatasi kerusakan lebih lanjut

Makan makanan yang seimbang. Pola makan yang kaya akan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian memiliki banyak manfaat, termasuk menyehatkan rambut. Biotin, vitamin A dan C, serta zat besi penting untuk rambut kuat dan indah.

Lindungi dari sinar matahari. Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membuat rambut rapuh dan lebih rentan patah. Rambut berwarna terang, seperti pirang dan abu-abu, juga lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kenakan topi atau gunakan produk pelindung UV.

Lewati produk yang menawarkan “tahan lama”. Produk-produk ini dapat mengeringkan rambut Anda. Menyikat atau menata rambut setelah Anda mengaplikasikannya juga dapat menyebabkan rambut patah.

Hindari pewarnaan, pemutihan, perawatan kimia, dan penataan rambut dengan panas. Istirahatkan rambut Anda sepenuhnya hingga tidak terlalu rapuh dan menyatu dengan lebih baik.

Bagaimana meringankan kerusakan yang ada

Cobalah pendekatan rendam-dan-olesan. Beberapa ahli menyarankan dengan metode rendam-dan-olesan.

Untuk melakukan ini, keramas dan kondisikan seperti biasa. Keringkan rambut dengan handuk sebelum menambahkan kondisioner tanpa bilas.

Setelah menggunakan kondisioner tanpa bilas, tambahkan minyak untuk mengunci kelembapannya. Ini membantu membuat rambut lebih mudah ditata.

Kerusakan rambut

Kecuali memiliki mesin waktu, kita tidak dapat memperbaiki setelah terjadi kerusakan rambut. Tapi, Anda bisa mengubah kebiasaan dan memberikan perawatan ekstra pada rambut.

Jika tidak melihat hasilnya setelah beberapa minggu, jadwalkan janji temu dengan dokter atau dokter kulit Anda. Mereka dapat menilai gejala kerusakan rambut Anda dan menentukan apakah penyebabnya adalah kondisi yang mendasarinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *