Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
March 1, 2024
SPOOTLIVE

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Kebun

Desi3
  • April 17, 2023
  • 2 min read
Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Kebun

SPOOTLIVE – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan hidangan khasnya, termasuk berbagai jenis kue kering dan cake. Buat Anda yang membuat kue dengan bahan menggunakan telur, bisa memanfaatkan cangkang telur untuk tanaman kesayangan.

Cangkang telur mengandung beragam mineral penting, seperti kalsium karbonat, potasium, dan fosfor—yang dapat diserap oleh akar tanaman.

Tanaman seperti tomat, paprika, dan terong khususnya akan mendapat manfaat dari pupuk cangkang.

Kalsium dari kulit telur juga bermanfaat untuk tanah, yang memoderasi keasaman tanah sekaligus menyediakan nutrisi bagi tanaman.

Cangkang telur dapat bermanfaat bagi tanaman dengan cara-cara berikut:

1. Menurunkan keasaman tanah

Banyak jenis tanaman lebih menyukai keasaman rendah di dalam tanah untuk menyerap unsur hara dan menangkal unsur beracun seperti aluminium. Kalsium karbonat dalam cangkang telur menurunkan tingkat pH tanah, membuat tanah lebih basa daripada asam.

2. Mencegah bunga busuk

Tanaman tertentu, seperti tanaman tomat, akan timbul bercak hitam di ujung buahnya karena kekurangan kalsium. Menambahkan kalsium dari pupuk cangkang telur dapat membantu tanaman berbuah tumbuh subur dan menghindari pembusukan ujung bunga.

3. Pengendalian hama

Cangkang telur memiliki reputasi sebagai pencegah hama seperti siput. Beberapa tukang kebun percaya bahwa ujung tajam dari cangkang yang hancur berdampak negatif pada kehidupan siput. Untuk manfaat maksimal, lingkari tanaman dengan cangkang yang dihancurkan sampai halus.

4. Mendorong pertumbuhan akar

Kalsium karbonat dalam kulit telur membantu memperkuat akar tanaman sehingga dapat tumbuh lebih cepat dan kuat. Cukup hancurkan kulit telur yang bersih dan kering menjadi bubuk halus. Tambahkan bubuk kulit telur ke dalam air mendidih, lalu tutup dan simpan campuran tersebut selama satu minggu, buka hanya sekali sehari untuk mengaduknya. Setelah tujuh hari, tuangkan campuran tersebut langsung ke tanah di atas akar tanaman.

5. Wadah pembibitan benih

Untuk yang muda dan berjiwa muda, inilah proyek yang menyenangkan: Gunakan kulit telur untuk memulai benih. Langkah ini terjangkau dan sepenuhnya organik. Cukup cuci bagian cangkang telur, lalu buat lubang drainase kecil di bagian bawah. Isi setengah cangkang dengan campuran pot atau starter benih, lalu tambahkan benih dan sedikit air.

Karton menjadi wadah pembibitan yang sempurna! Ketika tanaman memiliki beberapa daun dan cuaca mendukung, tanam di luar, kulit telur dan semuanya. Pastikan untuk memecahkan kulit telur di beberapa tempat agar akarnya dapat tumbuh dengan mudah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *