Penyebab Fuel Pump Motor Matic Mudah Rusak dan Tips Cara Perawatan
Memiliki sepeda motor injeksi tentu memerlukan perawatan khusus. Hampir sebagian sepeda motor baru yang sedang banyak populer dijual saat ini dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar yakni sepeda motor matic. Perawatan sepeda motor matic lebih dari sekedar servis dan penggantian oli mesin.
Namun, pengguna juga harus memperhatikan aspek kecil lainnya pada sepeda motor. Padahal, hal kecil ini bisa berdampak buruk pada mesin injeksi sepeda motor. Parahnya lagi, mesin sepeda bisa mati atau mati jika bagian ini tidak segera diperbaiki. Salah satu partikel penting yang bisa berakibat fatal jika rusak adalah fuel pump.
Pengertian Fuel Pump
Pompa bahan bakar atau fuel pump merupakan bagian yang sangat penting pada sistem injeksi bahan bakar. Komponen ini menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Berbeda dengan sepeda motor karburator yang masih mengandalkan gravitasi untuk aliran bahan bakar ke karburator. Oleh karena itu, tangki bahan bakar pada sepeda karburator harus ditempatkan lebih tinggi dibandingkan karburator.
Fuel pump biasanya terdiri dari serangkaian motor pompa bahan bakar dan filter pompa bahan bakar. Motor dengan sistem komponen fuel pump menerima tenaga dari baterai dan dikendalikan oleh engine control unit (ECU) untuk memompa bahan bakar ke injektor bahan bakar. Seperti komponen lainnya, fuel pump juga bisa rusak. Jika rusak, injektor tidak lagi dapat menyuntikkan bahan bakar dan pengendara tidak dapat menghidupkan sepeda motor.
Fungsi Fuel Pump Pada Motor Matic
Fungsi fuel pump dengan mesin konvensional khususnya sepeda motor memerlukan bahan bakar untuk bergerak. Namun, ada proses yang perlu dilakukan untuk menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan mesin. Bahan bakar ini dikirim dari tangki menuju injektor atau karburator, sehingga memerlukan bantuan pompa bahan bakar.
Fungsi dari fuel pump adalah mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor atau karburator dengan volume yang sesuai. Fungsinya sangat penting untuk proses pembakaran yang baik. Secara fisik fuel pump dibedakan menjadi dua jenis yaitu fuel pump elektrik dan fuel pump mekanis. fuel pump elektrik jenis ini banyak dijumpai pada sepeda motor modern yang sudah memiliki sistem injeksi.
Fuel pump listrik dijalankan dengan daya dari baterai kendaraan. Fuel pump listrik dapat menghasilkan laju aliran yang lebih tinggi dan dinilai lebih efisien dalam menyalurkan bahan bakar ke mesin. Tentunya hal ini juga dilakukan untuk lebih menjaga performa mesin.
Berikutnya adalah fuel pump mekanis. Tipe ini mengandalkan tenaga mekanik yang dihasilkan mesin. Tenaga mesin diubah menjadi tenaga hidrolik, yang memompa bahan bakar dari tangki ke mesin. Putaran mesin dihubungkan dengan sebuah sabuk. Fuel pump jenis ini banyak ditemukan pada kendaraan berbahan bakar diesel.
Selain fuel pump itu sendiri, filter fuel pump merupakan komponen yang menunjang kinerja mesin untuk menjamin pasokan bahan bakar yang sempurna. Filter ini menyaring berbagai kotoran seperti debu, partikel, dan zat asing lainnya pada bahan bakar. Hal ini penting untuk pengoperasian mesin yang optimal.
Gejala Kerusakan Fuel Pump Pada Motor Matic
Karena fungsi fuel pump adalah mengarahkan bahan bakar ke ruang bakar, maka kerusakan pada komponen pompa bahan bakar akan mengakibatkan aliran bahan bakar ke mesin tidak merata. Umumnya fuel pump terdiri dari low tack, filter fuel pump, tenaga bensin, dan bagian kelistrikan. Jika ada masalah dengan fuel pump, pengguna motor matic mungkin mendengar suara “dentuman” yang tidak biasa saat menghidupkan mesin.
Namun munculnya suara tersebut belum tentu disebabkan oleh kerusakan pada fuel pump, sehingga untuk mengetahui secara pasti ada tidaknya kerusakan pada pompa bahan bakar maka perlu dilakukan pengecekan langsung pada fuel pump. Selain karena ditimbulkan oleh angka kilometer yang sudah tinggi (50.000 km) dan sudah terdapat banyak kotoran pada filter fuel pump sehingga menyebabkan penyumbatan yang juga merusak fuel pump.
Penyebab Fuel Pump Motor Matic Mudah Rusak
Kerusakan fuel pump biasanya disebabkan oleh dua hal: kelistrikan dan kotoran. Masalah kelistrikan biasanya disebabkan oleh soket yang rusak, berkarat, kendor, atau sekring yang rusak. Pengujian ini dapat dilakukan dengan membongkar fuel pump dan menggunakan multimeter untuk menguji arus pada kabel fuel pump. Jika tidak ada tegangan yang diukur saat kunci kontak dihidupkan, kemungkinan besar terjadi kesalahan pada sistem kelistrikan fuel pump, seperti disebutkan di atas.
Masalah kedua adalah kotoran. Bahan bakar berkualitas rendah banyak mengandung sisa kotoran. Kotoran pada bahan bakar disaring dan tertahan di filter fuel pump. Seiring waktu, filter fuel pump tersumbat oleh penumpukan kotoran. Sepeda motor biasanya menunjukkan gejala seperti melambat dan gas buang terbakar. Jika hal ini dibiarkan, hal ini memungkinkan pompa bahan bakar bekerja lebih keras dan terus memompa bahan bakar ke dalam injektor.
Beban kerja di atas normal mengakibatkan motor pompa bahan bakar akhirnya berhenti. Selain itu, jangan biarkan tangki sepeda injeksi sering kehabisan bahan bakar. Bahan bakar di dalam tangki berfungsi sebagai media pendingin motor pompa bahan bakar. Sering mengendarai sepeda motor dengan bahan bakar rendah akan menyebabkan pompa bahan bakar sepeda motor menjadi terlalu panas dan lama kelamaan rusak.
Cara Merawat Fuel Pump Motor Matic
Biasanya fuel pump perlu diservis atau diganti setelah 50.000 km. Khusus pada area filter pada fuel pump, berfungsi menyaring berbagai kotoran yang tercampur ke dalam bahan bakar dari bahan bakar. Rekomendasinya adalah mengganti rakitan fuel pump (secara keseluruhan) daripada mengganti salah satu komponen penyusun fuel pump, misalnya, jika rusak, ganti komponen yang rusak saja Seri yang berbeda mempengaruhi fungsi, kinerja dan ketahanan pompa bahan bakar.
Ini juga merupakan rekomendasi yang tepat untuk mengganti rakitan fuel pump dengan suku cadang asli, karena suku cadang asli memberikan kesesuaian yang lebih baik, lebih mudah untuk dirakit, dan terjamin dalam hal fungsionalitas dan daya tahan.
Sebagai bagian dari pemeliharaan rutin, fungsi bagian fuel pump harus diperiksa secara berkala.Namun pompa bahan bakar biasanya menunjukkan tanda-tanda kerusakan dalam jarak 50.000 km. Untuk menghindari kerusakan yang lebih serius, sangat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.
- Ilustrasi pengendara motor matic (Pixabay)