Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
SPOOTLIVE

Resep Kue Apem Kukus Terenak Sejagad Raya

Deviwulandari
  • Juli 8, 2024
  • 3 min read
Resep Kue Apem Kukus Terenak Sejagad Raya

SPOOTLIVE– Kue apem kukus adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa lezat dan tekstur yang lembut. Kue ini sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga atau sebagai hidangan penutup di acara-acara spesial. kami akan membagikan resep kue apem kukus terenak sejagad raya yang pastinya akan memanjakan lidah Anda.

Bahan-bahan:

  1. 500 gram tepung beras
  2. 250 gram gula pasir
  3. 2 sendok teh ragi instan
  4. 1 sendok teh garam
  5. 700 ml air kelapa
  6. 100 ml santan kental
  7. Pewarna makanan (opsional)
  8. Daun pandan untuk aroma (opsional)

Cara Membuat:

  1. Siapkan Bahan dan Peralatan Pastikan semua bahan sudah tersedia dan alat-alat seperti wadah, mixer, dan kukusan sudah dalam keadaan bersih dan siap digunakan.
  2. Campurkan Bahan Kering Dalam wadah besar, campurkan tepung beras, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan Air Kelapa dan Santan Tuangkan air kelapa secara perlahan ke dalam campuran tepung sambil diaduk menggunakan whisk atau mixer dengan kecepatan rendah. Setelah itu, tambahkan santan kental dan aduk kembali hingga adonan menjadi halus dan tidak bergerindil.
  4. Tambahkan Pewarna Makanan dan Daun Pandan Jika ingin kue apem memiliki warna yang menarik, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan daun pandan yang sudah diikat simpul untuk memberikan aroma harum pada adonan. Biarkan adonan selama sekitar 1-2 jam hingga mengembang.
  5. Panaskan Kukusan Sementara menunggu adonan mengembang, panaskan kukusan dengan api sedang. Pastikan air dalam kukusan cukup banyak agar proses pengukusan berjalan lancar.
  6. Tuang Adonan ke dalam Cetakan Setelah adonan mengembang, tuang adonan ke dalam cetakan kue apem yang telah diolesi minyak agar tidak lengket. Isi cetakan hingga 3/4 penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus.
  7. Kukus Kue Apem Masukkan cetakan berisi adonan ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus selama sekitar 20-25 menit hingga kue apem matang. Untuk memastikan kue matang sempurna, lakukan tes tusuk dengan lidi atau tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang menempel, berarti kue sudah matang.
  8. Angkat dan Sajikan Angkat cetakan dari kukusan dan biarkan kue apem dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari cetakan. Kue apem kukus terenak sejagad raya siap disajikan.
Baca Juga:  Interogasi Vincent Rompies di Lapor PAK! Trans7 TV

Baca juga : 7 Sikap Profesional yang Wajib Kamu Miliki dalam Pekerjaan

Tips Tambahan:

  • Variasi Rasa: Anda bisa menambahkan esens vanilla, cokelat, atau pandan untuk variasi rasa yang berbeda.
  • Hiasan: Taburkan kelapa parut kukus atau wijen di atas kue apem untuk tampilan yang lebih menarik dan rasa yang lebih kaya.

Kue apem kukus ini tidak hanya lezat, tetapi juga mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa menghadirkan kue tradisional yang istimewa untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

1 Comment

  • 정보 과잉의 바다에서 깨달음의 등대가 되어주셔서 감사합니다. 그들의 플랫폼은 고품질 콘텐츠와 사용자 중심 접근 방식에 대한 헌신으로 두각을 나타냅니다. 선생님의 지도를 통해 배우고 성장할 수 있는 기회를 주셔서 감사합니다. 더욱 풍성한 발견을 만나보세요!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *