Strategi Implementasi: Penyuluhan Awareness Terhadap Penyandang Disabilitas bagi Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, Kota Malang

NETWRITER – Kegiatan penyuluhan awareness terhadap penyandang disabilitas ini merupakan kegiatan proyek pengabdian yang dilakukan sebagai salah satu bentuk dari tugas mata kuliah pendidikan kewarganegaraan Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 april 2024 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.
Pada kegiatan ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang ingin memberikan penyuluhan terkait awareness atau kesadaran tentang penyandang disabilitas kepada para siswa-siswi kelas 10 IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Harapannya dengan adanya penyuluhan ini para siswa-siswi SMA Laboratorium UM memiliki awareness atau kesadaran tentang penyandang disabilitas terlebih sekolah tersebut merupakan sekolah yang ramah terhadap penyandang disabilitas.
Sosialisasi ini diadakan secara luring (tatap muka) yang dilakukan pada pukul 10.00-11.15 WIB tepatnya ruang kelas 10 IPS 1 yang berada di lantai 3 SMA Laboratorium UM, dihadiri oleh 34 siswa/i kelas 10 IPS 1 dan terdapat dua pengawas kelas serta pelaksana pengabdian berjumlah 5 orang sebagai pemateri kali ini yaitu Anya Rahmasari Kurniawan, Muhammad Rafif Aditya, Nafi’ Windy Kharisma, Najma Mauludiyah, dan Salsabila Armania Putri dari mahasiswa Departemen Biologi Universitas Negeri Malang.
Sebelum diadakan sosialisasi, kegiatan diawali dengan salam hangat dan perkenalan dari pelaksana pengabdian dengan berbincang-bincang agar suasana kelas tidak tegang. Kemudian siswa disajikan tes pemahaman awal untuk seluruhnya yang digunakan sebagai tolak ukur kita dalam mengetahui seberapa siswa/i mengetahui tentang apa itu disabilitas dan cara menyikapinya.
Setelah dilakukan tes pemahaman pemateri memberikan sebuah sosialisasi atau penyuluhan berupa materi yang telah disajikan yang tentunya materi ini terkait dengan cara kita agar awareness terhadap penyandang disabilitas, pemateri tentunya juga telah melakukan survey materi dan telah mempelajari sedalamnya kepada pihak yang sudah ahli, materi yang disajikan berupa pengertian disabilitas, perbedaan disabilitas dan difabel, kondisi disabilitas dan penyebabnya, macam disabilitas, hambatan penyandang disabilitas, disability awareness, cara bersikap kepada difabel, your words matter, peran pemerintah dan hak-hak disabilitas, serta tidak lupa materi ini dikaitkan dengan proses disabilitas dalam konteks Biologi.
Kemudian setelah materi dipaparkan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, melihat antusias siswa/i kelas 10 IPS 1, pengabdi juga telah memberikan bingkisan agar siswa/i lebih semangat dalam kegiatan ini. Setelah semuanya selesai, dilakukan lagi tes pemahaman akhir yang digunakan untuk tolak ukur kita dalam mengetahui seberapa pahamnya siswa/i terhadap materi yang telah disajikan.

Kegiatan ini diakhiri pada pukul 11.15 WIB dengan penutupan berupa salam perpisahan dan dokumentasi acara. Pengabdi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh partisipan yang telah membantu, terima kasih kami ucapkan kepada Alan Sigit Fibrianto, S.Pd., M.Sos. selaku dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang telah membimbing kami dalam melaksanakan tugas, terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, serta siswa/i kelas 10 IPS 1 yang telah mengikuti kegiatan pengabdian dengan baik.

Semoga dengan adanya penyuluhan awareness terhadap penyandang disabilitas ini, menjadikan kita semua tetap peduli dengan para difabel yang juga merupakan saudara kita semua, yang berhak mendapatkan hak yang sama dengan orang lain seperti perlakuan dan perlindungan yang sama. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, hargai dan hormati antara sesama makhluk sosial, karena kita juga masih sama-sama tetap ciptaan Tuhan.
Link Materi, Strategi Implementasi: Penyuluhan Awareness Terhadap Penyandang Disabilitas bagi Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, Kota Malang
