Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Tentang Decluttering dan Apa Saja Manfaatnya

Desi3
  • Juli 3, 2023
  • 4 min read
Tentang Decluttering dan Apa Saja Manfaatnya

SPOOTLIVE – Saat ini, banyak dari kita yang hidup di masa ketika banyak dari sebagian besar orang merasa terbebani dengan stres.

Namun, banyak dari kita tidak menyadari bagaimana kebiasaan pribadi dapat berkontribusi pada kecemasan dan.

Untuk satu hal, suatu tempat yang berantakan dan dapat menyebabkan kesulitan dalam aktivitas sehari-hari.

Meletakkan berbagai benda fisik di sekitar Anda pada tempatnya tidak hanya memudahkan untuk menemukan apa yang Anda cari, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati dan kondisi pikiran dengan berbagai cara

Jadi, jika Anda sedang mencari cara mudah untuk mengurangi stres, merapikan rumah atau tempat tinggal mungkin menjadi salah satu hal yang baik untuk memulai.

Menyingkirkan barang yang berlebih dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dengan membuat diri merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih terkendali.

Ruangan yang lebih rapi bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Apa itu decluttering?

Decluttering adalah proses di mana Anda memutuskan apakah barang-barang di ruangan benar-benar berantakan dan jika tidak, putuskan di mana tempatnya, dan lakukan keputusan itu.

Prosesnya sendiri akan membantu membuat perubahan permanen yang memungkinkan Anda memahami mengapa tidak bisa menjaga suatu lingkungan agar tetap rapi.

Manfaat decluttering

Lingkungan yang tidak rapi seringkali meningkatkan stres bagi kebanyakan orang. Dalam sebuah penelitian, wanita yang menggambarkan rumahnya dengan bahasa positif memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah daripada wanita yang menggambarkan rumahnya berantakan.

Namun, kasus decluttering tidak jelas. Studi lain menemukan bahwa, sementara lingkungan yang teratur lebih terkait dengan pilihan yang sehat, lingkungan yang tidak teratur mendorong kreativitas dan ide-ide segar.

Jika seseorang menghargai kreativitas, mungkin mereka ingin membiarkan diri sedikit berantakan di area tertentu dalam hidup.

Baca Juga:  Misi Bambang Suswantono: Mengangkat ASEAN sebagai Pusat Hilirisasi

Bagi kebanyakan orang, decluttering dapat meningkatkan produktivitas dan peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Manfaat decluttering meliputi:

Fokus yang lebih baik

Kondisi berantakan membuat sulit untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Ini juga dapat mengalihkan perhatian. Menyingkirkan kekacauan visual dapat membantu lebih fokus pada tugas apa pun yang ada.

Lebih percaya diri

Ketika kesulitan untuk tetap teratur dan rapi, Anda mungkin merasa lepas kendali. Memperbaiki beberapa hal dalam hidup Anda dapat memulihkan perasaan kompeten dan percaya diri yang tinggi.

Hubungan yang lebih baik

Konflik dengan keluarga atau teman sekamar sering terjadi ketika satu orang tidak dapat menjaga kerapihan. Selain itu, Anda mungkin lebih nyaman mengundang teman ke rumah jika keadaan ruangan sudah rapi.

Menurunkan risiko asma dan alergi

Mungkin banyak yang mengiri, rumah berantakan tetapi tidak kotor. Tetapi, sulit untuk membersihkan tumpukan barang yang tidak teratur. Merapikan barang-barang dapat mencegah hama dan mengurangi debu, jamur, dan lumut, yang dapat memicu asma dan alergi.

Meningkatkan kesehatan

Lebih mudah menyiapkan makanan sehat di dapur yang teratur dibandingkan yang berantakan. Dan kebanyakan orang tidur lebih nyenyak di kamar yang tertata dengan tempat tidur yang rapi.

Tip merapikan ruangan

Anda akan menikmati manfaat kesehatan mental dari decluttering lebih banyak jika dalam prosesnya tidak membuat stres.

Gunakan tip berikut untuk memulai decluttering:

Mulai dari yang kecil

Jika memilih satu laci atau kabinet untuk ditata, kecil kemungkinan Anda akan merasa malas. Kesenangan melihat dan menggunakan ruang yang tertata dengan baik akan menjadi umpan balik positif, mendorong Anda untuk lebih rajin merapihkan ruangan.

Buat rencana

Jika mengundang teman untuk makan malam, Anda akan termotivasi untuk merapikan dapur. Anda bisa memulainya dengan menjadwalkan seseorang untuk mengambil barang-barang yang tidak dibutuhkan,

Baca Juga:  5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Dengan rencana ini, Anda akan memiliki target untuk menyelesaikan decluttering. Pastikan untuk memberikan waktu ekstra, karena merapikan bisa memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Tak perlu sempurna

Tidak perlu menyembunyikan barang-barang yang sering digunakan. Juga, cobalah untuk tidak menilai kerapihan ruangan Anda dengan milik orang lain.

Ciri-ciri orang yang berantakan

Orang yang sering bermasalah dengan kerapihan biasanya:

  • Berjuang dengan manajemen waktu dan menghentikan tugas sebelum selesai
  • Memiliki kecenderungan perfeksionis dan kesulitan menghentikan dan memulai proyek
  • Mudah teralihkan, seperti mereka yang kurang perhatian
  • Biasa menunda sesuatu, juga dikenal sebagai penundaan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *