Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
SPOOTLIVE

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik Lebaran

Desi3
  • April 19, 2023
  • 3 min read
Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik Lebaran

SPOOTLIVE –  Menyambut Hari Raya Idul Fitri, waktunya pulang kampung atau mudik bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Mudik menjadi tradisi menjelang Lebaran, saat penduduk dari kota-kota besar melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.

Beragam transportasi digunakan untuk muduk, mulai dari kendaraan pribadi, kereta api, pesawat, atau kapal laut.

Sebagian masyarakat pulang mudik Lebaran tetap wajib menjalankan puasa Ramadan. Ditambah dengan perjalanan yang ditempuh tidak sebentar, bahkan harus bermacet-macetan di jalan.

Perjalanan mudik menjelang Lebaran membutuhkan lebih banyak energi dan bisa mengganggu daya tahan tubuh.

Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat dan fit saat bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Untuk menjaga kesehatan saat mudik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar daya tahan tubuh tetap kuat.

Konsumsi makanan bernutrisi

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi seimbang. Dengan asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, kondisi tubuh akan terjaga tetap sehat dan bugar. Konsumsi makanan sehat seperti salad buah, sayuran, daging, telur, ikan, dan buah-buahan segar.

Selain itu, hindari konsumsi sembarang makanan atau minuman  yang tidak terjamin kandungan nutrisinya. Akan lebih baik jika membawa bekal sendiri untuk di perjalanan.

Minum air putih lebih banyak

Sebagian besar orang mungkin akan berusaha menghindari banyak minum agar tidak sering buang air kecil selama perjalanan mudik. Kenyataannya, jike kekurangan cairan, tubuh akan mudah lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Bisa juga menambahkan minuman sehat dan bernutrisi seperti jus buah dan buah segar.

Tambahkan suplemen kesehatan

Selain dari makanan langsung, nutrisi juga bisa didapatkan melalui suplemen kesehatan. Nutrisi tambahan dari suplemen membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat mudik.

Baca Juga:  Makanan dan Sajian Khas Idul Fitri dari Seluruh Dunia

Tidur dan istirahat cukup

Penting untuk mempersiapkan stamina sebelum berangkat mudik, apapun pilihan moda transportasi yang digunakan. Usahakan untuk cukup tidur dan istirahat agar badan tidak mudah lelah. Selain waktu istirahat, kualitas tidur juga penting. Hindari aktivitas yang membuat waktu tidur atau istirahat berkurang, seperti begadang.

Bawa obat-obatan yang diperlukan

Agar perjalanan mudik tetap aman, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Terutama jika mengidap penyakit tertentu atau wajib mengonsumsi obat secara rutin. Persiapkan obat-obatan sederhana untuk mengatasi sakit kepala, maag, masuk angin, atau mabuk perjalanan. Sediakan juga minyak aromaterapi untuk di perjalanan.

Kelola stres

Gangguan kesehatan juga bisa timbul dari stres. Karenanya, penting untuk mengelola stres saat mudik yang bisa timbul akibat lalu lintas padat dan kemacetan panjang. Usahakan untuk tetap berpikir positif dan tenang selama di perjalanan dengan menikmati perjalanan, membaca buku, atau mendengarkan lagu-lagu favorit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *