Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
NEWSLIVE

Asus Rilis PC Mini ROG NUC Pertama

Wijaya
  • Juli 9, 2024
  • 2 min read
Asus Rilis PC Mini ROG NUC Pertama

NEWSLIVE – Setelah mengakuisisi bisnis NUC dari Intel, Asus akhirnya meluncurkan NUC pertamanya di bawah merek ROG. PC mini ini, menurut Asus, memiliki ukuran yang sangat kecil namun performa yang luar biasa, ideal untuk gamer, penggemar teknologi, dan kreator konten. Pilihan CPU-nya meliputi Core Ultra 9 dan Core Ultra 7, dengan GPU yang menonjol seperti RTX 4070 atau RTX 4060.

Asus menyediakan RAM standar sebesar 16GB DDR5 yang bisa di-upgrade hingga 64GB (32GB x 2). Penyimpanan bawaannya adalah SSD PCIe 2280 Gen4 512GB, namun pengguna dapat menambah kapasitas melalui tiga slot M.2 yang tersedia.

Dari segi konektivitas, PC mini ini sangat lengkap. Dilengkapi dengan WiFi 6E, Bluetooth 5.3, dan Intel LAN 2,5G, pengguna juga akan menemukan card reader SD Express, beberapa port USB (hingga USB 3.2 Gen2), HDMI, dan dua buah DisplayPort 1.4a.

Baca Juga: Keunggulan di AI Dorong Saham Nvidia Melonjak 200%

PC mini ini juga mendukung kontroler ROG Raikiri Pro, memungkinkan penggunaan ala konsol. Asus menyebut PC ini kompatibel dengan fitur Aura Sync RGB, sehingga pengguna bisa mengkustomisasi setup gaming mereka dengan berbagai aksesori ROG lainnya.

Selain kemampuan gaming yang mumpuni, Asus juga memamerkan kemampuan komputasi AI dari PC mini ini. Ditenagai oleh RTX 40 dengan Tensor Cores khusus, PC ini mampu mengakselerasi algoritma machine learning, menjadikannya pilihan yang cocok untuk profesional di bidang AI dan peneliti large language model (LLM). Namun, untuk memaksimalkan kemampuan pengolahan AI, RAM bawaan yang “hanya” 16GB mungkin perlu ditingkatkan.

Meskipun ukurannya mini, spesifikasinya yang tinggi membuat harganya tidak murah. Model dengan Core Ultra 7 dijual seharga USD 1.630 atau sekitar Rp 26 juta, sedangkan model dengan Core Ultra 9 dibanderol USD 2.200 atau sekitar Rp 35 juta.

Baca Juga:  Generasi Muda dan Putusan MK: Antara Harapan dan Kekecewaan

Dengan peluncuran PC mini ROG NUC ini, Asus menunjukkan komitmennya untuk memberikan perangkat berkinerja tinggi yang ringkas dan serbaguna, memenuhi kebutuhan gamer dan profesional di berbagai bidang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *