Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
April 13, 2024
NEWSLIVE

ESDM Gelar Bazar UMKM Tahun 2023

AyuRachmahwati
  • April 5, 2023
  • 2 min read
ESDM Gelar Bazar UMKM Tahun 2023

NEWSLIVE – Sebagai wujud nyata implementasi dari Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Kementerian ESDM melaksanakan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan Kementerian ESDM yang menjadi bagian dalam keanggotaan Gernas BBI, harus dapat mengambil peran dalam mendukung gerakan tersebut melalui upaya memajukan pelaku industri UMKM.

“Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi pada hari ini, kita, Kementerian ESDM mengadakan kegiatan bazar yang mengusung tema Sobat Energi Belanja UMKM”, kata Arifin di Jakarta, Selasa (4/4).

Arifin mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor melemahnya kegiatan ekonomi di tanah air. Dengan adanya kegiatan bazar ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi meningkatkan dan memajukan UMKM.

“Bazar ini diharapkan menjadi salah satu sarana dan wadah bersama dalam upaya untuk meningkatkan dan memasarkan produk-produk UMKM, dengan melibatkan peran Dharma Wanita Persatuan KESDM melalui binaan kewirausahaan UMKM-nya. Dan bertepantan bulan Ramadan 1444 H, yang penuh berkah, kami harapkan para pengunjung dapat memaksimalkan berbelanja di bazar ini dan dapat berbagi dengan sesama serta memberikan manfaat bagi semua,” ungkap Arifin.

Sebagai informasi, kegiatan bazar UMKM ini merupakan hasil kerjasama Kementerian ESDM dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta stakeholder KESDM seperti PT. Pertamina, Mind ID, PLN, PGN, Antam, Bank BRI, Bank Mandiri, SKK Migas, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta DWP.

Baca Juga:  Pemilu Serentak 2024: Menapaki Jalan Menuju Masa Depan Bangsa

Kegiatan bazar ini dilaksanakan mulai tanggal 4 s.d 6 April 2023, di area lapangan futsal dengan jam operasional 09.00 – 16.00. Diisi oleh 35 stand yang terdiri dari UMKM bidang makanan, pakaian, handcrafting, aksesoris, kosmetik dan kebutuhan rumah tangga lainnya. (NAL)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *