Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
NEWSLIVE

Xiaomi Uji Coba HyperOS 2.0 sebagai Pengganti MIUI

Wijaya
  • Juli 10, 2024
  • 2 min read
Xiaomi Uji Coba HyperOS 2.0 sebagai Pengganti MIUI

NEWSLIVE Xiaomi secara resmi memulai uji coba sistem operasi terbaru mereka, HyperOS 2.0, yang akan menggantikan MIUI. Informasi ini ditemukan oleh XiaomiTime yang menunjukkan adanya kode ekstensi baru di server Over-The-Air (OTA) Xiaomi. OTA sendiri merupakan pembaruan perangkat lunak yang dapat diakses secara nirkabel pada perangkat seluler.

Menurut laporan dari Gizmochina yang dikutip detiKINET, Xiaomi mempercepat pengembangan HyperOS 2.0. Ekstensi baru yang dinamakan [OSBigversion] kini terdeteksi di server OTA Xiaomi. Ekstensi ini berfungsi untuk menentukan versi dari HyperOS.

Sebagai contoh, jika pengguna menggunakan HyperOS 1.0, maka ekstensi ini akan ditampilkan sebagai [OSBigversion] => 1.0. Sebaliknya, jika pengguna menggunakan HyperOS 2.0, ekstensi ini akan muncul sebagai [OSBigversion] => 2.0.

Sebelumnya, tidak ada ekstensi [OSBigversion]. Sebagai gantinya, Xiaomi menggunakan ekstensi [Bigversion] untuk versi utama MIUI. Misalnya, jika pengguna menggunakan MIUI 14, maka akan muncul sebagai “[bigversion] => 14”. Xiaomi telah menggunakan ekstensi jenis ini selama bertahun-tahun. Kini, kita melihat bahwa ekstensi [OSBigversion] digunakan khusus untuk HyperOS.

Baca Juga: Asus Rilis PC Mini ROG NUC Pertama

Penambahan ekstensi ini ke server OTA bertujuan untuk membedakan antara versi HyperOS yang baru. Dengan adanya ekstensi ini, versi HyperOS yang baru dapat tiba dengan aman di perangkat pengguna tanpa masalah. Hal ini menandakan bahwa pengembangan HyperOS 2.0 telah resmi dimulai.

Selain itu, versi HyperOS memiliki nomor versi yang dimulai dengan V816. MIUI pertama kali dirilis pada 16 Agustus 2010. Oleh karena itu, Xiaomi menetapkan nomor build menjadi V816. Sebenarnya, ada beberapa situasi berbeda terkait dengan nomor build ini.

Sebelum HyperOS 1.0 dirilis, versi baru ini memiliki nomor build V15, yang menunjukkan bahwa HyperOS 1.0 sebenarnya adalah MIUI 15 yang berganti nama. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa Xiaomi membuat sistem operasi baru. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Saat ini, pengguna bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya menggunakan MIUI 15.

Baca Juga:  BNI Sebut Banyak Manfaat Penggunaan Kartu Multifungsi

HyperOS 2.0 diperkirakan akan diumumkan bersamaan dengan peluncuran seri Xiaomi 15 pada bulan Oktober. Xiaomi biasanya mengumumkan antarmuka pengguna baru bersamaan dengan peluncuran besar dan secara bertahap mulai merilis pembaruan baru. Untuk sekarang, kita hanya perlu menunggu dengan sabar kehadiran HyperOS 2.0 yang akan datang.

Dengan kehadiran HyperOS 2.0, Xiaomi berharap dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan inovatif, menggantikan MIUI yang sudah bertahun-tahun menjadi andalan. Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya dari Xiaomi dan kehadiran HyperOS 2.0 ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *