Netwriter can get reward Join NowLOGIN / DAFTAR Netwriter
February 6, 2023
Snap Today

Peringatan 6 tahun NCT 127

tiyar
  • Agustus 16, 2022
  • 6 min read
Peringatan 6 tahun NCT 127

Snaptoday, Livetoday – NCTzen, yang di kenal sebagai penggemar NCT, merayakan hari jadi grup idola mereka yang ke-6. Bagi mereka yang baru mengenal fan club, Peringatan 6 tahun formasi Taeyong dan yang lainnya bisa sedikit membingungkan. Dari konsep hingga subunit NCT, topik ini paling banyak di bicarakan. Jadi, mari kita lihat grup konsep unik yang lulus dari SM Entertainment. Mengutip situs SBS, NCT merupakan singkatan dari Neo Culture Technology.

Idenya adalah bahwa mereka adalah kelompok anggota tak terbatas yang terus-menerus memasuki subunit yang berbeda di berbagai kota di seluruh dunia. Styleupk mencatat bahwa neo berarti “baru” atau “di modifikasi.” Jadi keinginan SM untuk NCT adalah agar mereka menciptakan budaya baru. Ini berarti menciptakan kelompok yang khusus dan terkait dengan budaya tertentu. Karena itu, NCT juga di kenal sebagai boy group “Infinite”. Mereka memiliki banyak anggota dan konsep musik yang tak terhitung jumlahnya.

Peringatan 6 tahun Anggota NCT

Peringatan 6 tahun NCT 127
Peringatan 6 tahun NCT 127

NCT memiliki 23 anggota. Mereka adalah Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Kun, Doyoung, Shi, Jaehyun, WinWin, Jungwoo, Lucas, Mark, Youngjun, Hendry, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Yangyang, Shotaro, Chengcan, Chenle, Zhisheng. Grup pertama SM dengan anggota terbanyak?

Fakta uniknya adalah SM Entertainment awalnya merencanakan Super Junior memiliki konsep seperti NCT. Ketika Super Junior pertama kali debut, ada sistem kelulusan. Ini berarti bahwa lineup mereka tidak tetap, itulah sebabnya anggota baru harus di tambahkan karena anggota yang sudah ada lulus dari grup. Namun, penggemar mereka, E.L.F, sangat terikat dengan lineup asli sehingga sistem kelulusan di batalkan.

Namun, SM Entertainment tidak meninggalkan konsep tersebut, merevisinya sedikit sebelum memperkenalkannya kembali dengan debut NCT mereka. Semua anggota NCT masih menjadi anggota grup setelah debut mereka, tetapi dapat terus menambah anggota baru. Dengan cara ini, penggemar dari anggota yang ada akan terus menjadi penggemar grup, sementara anggota baru akan menarik lebih banyak penggemar.

Peran anggota dalam Peringatan 6 tahun

Karena NCT adalah grup yang selalu berubah, peran K-pop tradisional sebagai kapten, mae, penyanyi utama, dan rapper selalu berubah dan tidak harus resmi. Namun, kapten NCT adalah Taeyong, dan itu adalah fakta yang di terima secara umum di fandom bahwa ia melakukan rap bersama dengan Mark, Lucas, dan Jae-min. Meskipun hampir semua anggota di identifikasi sebagai bagian dari saluran suara. Ten di kenal sebagai penari utama NCT, bersama dengan Jisung, Winwin dan Jeno di dance line.

NCT sangat populer secara internasional. Selama promosi mereka di luar negeri, Mark dan Johnny menjadi “pemimpin tidak resmi” grup sebagai penutur bahasa Inggris terkuat. Sebagai catatan, Mark di besarkan di Kanada, sedangkan Johnny di besarkan di Chicago, AS.

Peringatan 6 tahun Subunit NCT

Subgrup pertama yang debut adalah NCT U. Mereka debut pada 9 April 2016 dengan single ganda “The 7th Sense and Without You”. Lineup terdiri dari Jae Hyun, Tae Yong, Tae Il, Shi, Mark dan Do Young. Namun, NCT U adalah subunit yang paling membingungkan karena merupakan unit rotasi. Ini berarti susunan pemain NCT U tidak tetap. Selanjutnya, NCT U di kenal sebagai subunit yang paling tidak aktif.  Selain single debut mereka, rekaman mereka hanya berisi lagu-lagu dari OST drama dan album bersama NCT.

Peringatan 6 tahun NCT127

Subunit kedua yang debut adalah NCT 127, yang bermitra dengan Fire Truck pada 7 Juli 2016. NCT 127 adalah unit NCT yang berkantor pusat di Seoul, dan “127” dalam namanya mengacu pada koordinat bujur Seoul. Sementara NCT 127 adalah unit tetap, lineup sub-unit ini telah berubah beberapa kali. NCT 127 awalnya debut sebagai grup beranggotakan tujuh orang: Taeil, Yuta, Taeyong, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan.

Namun, dalam EP kedua mereka Limitless, SM mengumumkan dua anggota baru Johnny dan Doyoung (anggota NCT U) bergabung dengan NCT 127. Grup ini juga menambahkan anggota baru, Jungwoo (anggota unit Boss NCT U), sehingga total menjadi 10. NCT 127 secara singkat di promosikan menjadi grup beranggotakan 10 orang. Namun, Winwin sedang bersiap untuk debut di WayV, dan tidak bergabung dengan promosi repackage LP, dan Haechan diskors karena cedera.

Haechan kembali ke grup setelah beberapa bulan, tetapi Winwin Promosi dengan NCT 127 telah dihentikan sejak 2018. SM Entertainment belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang status Winwin.

Mimpi NCT

Unit ketiga NCT, NCT Dream, debut pada 25 Agustus 2016 dengan lagu Chewing Gum. Lineup debut terdiri dari 7 anggota, Mark, Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, dan Jisung. Di bandingkan dengan konsep dan musik NCT 127 yang lebih hip-hop, NCT Dream memiliki nuansa yang lebih muda. Namun, musik mereka telah matang selama bertahun-tahun seiring bertambahnya usia para anggota. Awalnya, NCT Dream di rancang untuk mengikuti sistem kelulusan.

Anggota di atas 20 tahun (usia internasional 19 tahun) akan mengundurkan diri dari grup dan menambah anggota baru. Mark adalah anggota pertama yang lulus, dan NCT Dream melakukan comeback pertamanya pada tahun 2019 tanpa diri nya. Namun, SM Entertainment kemudian secara resmi mengumumkan pembatalan sistem kelulusan ini pada tahun 2020. Mark (sebelumnya lulus dan tidak di promosikan dengan grup sejak 2018) masuk kembali ke grup. dalam barisan resmi.

Sementara anggota tidak akan lagi meninggalkan grup, lineup NCT Dream akan di rotasi. Itu berarti tidak setiap comeback akan mencakup semuanya. Hal ini memungkinkan anggota untuk dipromosikan dengan subunit NCT lainnya, seperti NCT 127, di mana Mark dan Haechan adalah anggota tetap.

NCT 2018

Pada tahun 2018, NCT meluncurkan proyek kolaborasi skala besar pertamanya. Kombinasi baru NCT 127 dan NCT Dream dan NCT U di masukkan dalam album “Empathy”. NCT 2018 juga menandai debut resmi anggota mereka Kun, Jungwoo dan Lucas. Salah satu track promosinya adalah Black on Black yang beranggotakan 18 orang.

WayV

Hal pertama yang mungkin di perhatikan penggemar tentang WayV adalah nama mereka. Tidak seperti subunit sebelumnya, ini tidak mengandung NCT dalam nama grupnya. Ini karena ketegangan politik antara Korea Selatan dan China selama debut WayV. Hal ini mengakibatkan WayV tidak dapat berasosiasi secara publik dengan boy grup Korea NCT. Mereka juga sebagian besar di kelola oleh Label V, merek eksklusif SM Entertainment di Cina.

Jika bukan karena masalah ini, WayV awalnya di kabarkan akan bernama NCT Vision. WayV sendiri juga merupakan singkatan dari “We Are Your Vision”. WayV debut dengan Regular (versi Cina dari NCT 127 Regular) pada 17 Januari 2019. Anggotanya adalah Kun, Ten, Winwin, Lucas, Xiaojun, Hendery, Yangyang. Meski berasal dari kota yang berbeda dan bahkan negara yang berbeda, bagi Ten yang lahir dan besar di Bangkok, semua anggotanya adalah orang Tionghoa.

NCT 2020

Pada tahun 2020, dua tahun setelah album kolaborasi pertama mereka, SM Entertainment mengumumkan proyek NCT 2020. Sama seperti NCT 2018, proyek ini merupakan partisipasi seluruh anggota NCT, yang menandai pengakuan resmi WayV sebagai sub-unit NCT. Album NCT 2020 berjudul Resonance dan menampilkan tiga unit reguler serta lagu-lagu NCT U. Anggota baru Shotaro dan Sungchan juga di perkenalkan di album ini.

Kedua anggota baru ada di lagu NCT U Resonance, tetapi tidak di unit reguler Maret 2021. Shotaro dan Sungchan juga berpartisipasi dalam Resonance, mashup dari beberapa lagu NCT U dari album NCT 2020. Ini akhirnya menampilkan 23 anggota NCT. Selain itu, beberapa anggota NCT juga aktif di luar grup. Doyoung NCT 127 dan Baekhyun EXO merilis duet, sementara empat anggota lainnya bergabung dengan supergrup dengan senior agensi mereka.

Ya, empat anggota NCT: Mark dan Taeyong dari NCT 127, dan Ten dan Lucas dari WayV adalah anggota SuperM. Mereka berempat bergabung dengan pendahulu mereka, Taemin SHINee, serta Kai dan Baekhyun EXO. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *