Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Apa Saja 5 Manfaat Utama Berenang?

Desi3
  • Juni 15, 2023
  • 3 min read
Apa Saja 5 Manfaat Utama Berenang?

SPOOTLIVE – Mungkin Anda pernah mendengar bahwa para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit atau aktivitas berat selama 75 menit setiap minggu.

Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular tubuh kita. Satu jam berenang dapat membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian.

Berenang adalah aktivitas paling populer untuk berolahraga. Ada sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari berenang secara teratur.

Ketahui di sini untuk mengetahui manfaat berenang bagi kesehatan tubuh!

Berikut ini beberapa manfaat berenang bagi kesehatan tubuh

1. Melatih seluruh tubuh

Salah satu manfaat terbesar berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Berenang secara rutin bisa membantu:

  • meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stres
  • menguatkan otot
  • membangun kekuatan
  • membangun daya tahan

Ada berbagai macam gaya renang yang dapat digunakan untuk menambah variasi pada latihan renang, antara lain:

  • gaya dada
  • gaya punggung
  • gaya samping
  • kupu-kupu
  • gaya bebas

Masing-masing gaya tersebut berfokus pada bagian otot yang berbeda. Tidak peduli gaya renang apa yang digunakan, Anda akan menggunakan sebagian besar bagian otot untuk menggerakkan tubuh di dalam air.

2. Bermanfaat bagi organ tubuh

Selain otot mendapatkan latihan yang baik, berenang juga membantu sistem kardiovaskular. Berenang membuat jantung dan paru-paru Anda kuat. Berenang sangat baik baik tubuh, sehingga para peneliti bahkan mengatakan renang dapat mengurangi risiko kematian.

Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian. Selain itu, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

Baca Juga:  Olahraga di Rumah: Kunci untuk Kesehatan dan Kondisi Fisik yang Optimal

3. Cocok untuk penderita cedera, artritis, dan kondisi lainnya

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai atau melanjutkan program olahraga apa pun. Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi kebanyakan orang dengan:

  • radang sendi
  • cedera
  • disabilitas
  • masalah lain yang membuat latihan berdampak tinggi menjadi sulit

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, dan mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah melakukan aktivitas seperti berenang dan bersepeda.

Yang lebih menarik lagi, ada sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan manfaat antara kedua kelompok tersebut. Jadi, berenang tampaknya memiliki banyak manfaat yang sama dengan olahraga darat yang sering dianjurkan.

4. Pilihan bagus untuk penderita asma

Lingkungan yang lembap di kolam dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga, seperti menahan napas, dapat membantu Anda memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

Namun, ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan risiko asma karena bahan kimia yang digunakan untuk merawat kolam. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda tentang potensi risiko berenang jika menderita asma, dan jika memungkinkan, carilah kolam yang menggunakan air asin, bukan klorin.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah studi pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan latihan aerobik secara teratur.

Hampir 50 persen orang lanjut usia mengalami insomnia pada tingkat tertentu, jadi ini merupakan kabar baik. Studi ini berfokus pada semua jenis latihan aerobik, termasuk sepeda dan renang.

Baca Juga:  Apa Saja 7 Latihan yang Membakar Kalori Terbanyak?

Berenang dapat diakses oleh banyak orang yang berurusan dengan masalah fisik yang membuat latihan lain, seperti berlari, menjadi kurang menarik. Berenang menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *