Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 16, 2024
SPOOTLIVE

Ini Dia 5 Cara Membatasi Penggunaan Handphone

Desi3
  • September 1, 2023
  • 4 min read
Ini Dia 5 Cara Membatasi Penggunaan Handphone

SPOOTLIVE – Kalau Anda khawatir akan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone atau handphone, Anda tidak sendirian.

Bagi banyak orang, penggunaan handphone merupakan bagian penting dalam kehidupan modern. Kita sering kali tidak berpikir dua kali menggunakan ponsel untuk segala hal, mulai dari bekerja, berkomunikasi dengan orang tercinta, hingga melakukan scrolling tanpa berpikir panjang.

Mengingat hal ini, wajar jika Anda selalu memegang handphone hampir sepanjang hari. Ada aplikasi untuk hampir semua hal, dan tidak ada salahnya memanfaatkannya untuk membuat hidup lebih mudah.

Menurut statistik, rata-rata pengguna ponsel menyentuh ponselnya 2.617 kali setiap hari. Dan kebanyakan orang, rata-rata, menghabiskan 3 jam 15 menit di depan ponselnya setiap hari.

Namun, beberapa orang mungkin merasa terlalu bergantung pada handphone sehingga terasa seperti kecanduan. Dan banyak bukti menunjukkan melawan kecanduan teknologi itu cukup berat.

Penggunaan handphone memang bagus dan bermanfaat. Namun, mereka juga berpotensi menjadi kehadiran negatif dalam hidup kita jika kita membiarkannya dan menjadi kecanduan.

Lalu, bagaimana menjaga penggunaan ponsel selaras dengan kehidupan kita? Apa sajakah cara atau ide untuk membantu kita mengurangi penggunaan handphone?

Apa itu kecanduan handphone?

Meskipun penggunaan ponsel secara berlebihan tidak secara resmi diakui sebagai kecanduan, hal ini masih dapat mempengaruhi kehidupan seseorang hingga menyebabkan kesusahan, masalah hubungan, dan perasaan malu.

Gejala kecanduan handphone

Sebuah studi tahun 2016 menggambarkan gejala kecanduan ponsel sebagai pola penggunaan ponsel pintar yang berbahaya dan menyebabkan tekanan yang signifikan dan melibatkan tiga atau lebih gejala berikut selama 3 bulan sebelumnya:

  • ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan untuk menggunakan handphone
  • kecemasan atau lekas marah setelah beberapa saat tanpa menggunakan handphone
  • menggunakan handphone untuk jangka waktu lebih lama dari yang dimaksudkan
  • keinginan yang terus-menerus atau upaya yang gagal untuk berhenti atau mengurangi penggunaan handphone
  • menghabiskan waktu berlebihan menggunakan handphone meskipun ada masalah fisik atau mental yang dikibatkannya
Baca Juga:  Resep Nasi goreng seafood Mudah, cocok untuk menu buka puasa

Penelitian tersebut juga menyebutkan kemungkinan gejala kecanduan ponsel lainnya, seperti penggunaan handphone yang:

  • menempatkan diri dalam bahaya (misalnya, menyeberang jalan sambil melihat handphone
  • menghambat hubungan, sekolah, atau prestasi kerja
  • menyebabkan kesusahan yang signifikan atau memakan waktu

Bahaya kecanduan handphone

Penggunaan ponsel pintar yang berlebihan dikaitkan dengan kondisi termasuk depresi, kecemasan, dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD).

Pada remaja dan dewasa muda, terdapat beberapa risiko tambahan. Untuk kelompok ini, penggunaan handphone dapat menyebabkan masalah pada regulasi emosi dan fungsi kognitif, impulsif, dan percaya diri yang rendah.

Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan fisik, termasuk insomnia, migrain, dan bahkan perubahan volume materi abu-abu, yang membentuk lapisan luar otak.

5 tips mengatur penggunaan handphone

Tidak ada definisi formal tentang penggunaan telepon berlebihan. Jika khawatir penggunaan ponsel akan berdampak pada pekerjaan atau hubungan Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatur waktu menggunakan ponsel.

1. Tetapkan batasan

Jika khawatir dengan jumlah waktu yang dihabiskan menggunakan ponsel, ada baiknya Anda menetapkan batasan.

Sebagian besar ponsel cerdas memiliki fungsi bawaan untuk membantu melacak dan membatasi penggunaan. Di Apple, Anda dapat menemukan opsi ini di menu Durasi Layar, dan di Android, di menu Kesejahteraan Digital.

Beberapa orang mungkin menyadari bahwa mereka menghabiskan sebagian besar waktunya pada aplikasi tertentu dibandingkan pada ponsel pintar secara umum.

Misalnya, Anda mungkin secara kompulsif memeriksa aplikasi media sosial atau memainkan game tertentu selama berjam-jam. Anda dapat menggunakan pengaturan ponsel Anda untuk membuat pengatur waktu untuk masing-masing aplikasi sehingga Anda akan mendapat peringatan jika telah melampaui batas harian.

2. Jauhkan handphone di malam hari

Penggunaan smartphone yang bermasalah sebelum tidur terbukti berdampak buruk pada kualitas tidur.

Baca Juga:  Teknologi Navigasi untuk Memudahkan Perjalanan Mudik Lebaran

Cobalah letakkan ponsel di ruangan lain. Atau, jika ingin tidur menggunakan aplikasi meditasi atau mendengarkan buku audio, meletakkan ponsel di luar jangkauan Anda mungkin bisa membantu.

3. Jangan mengisi daya di dekat tempat tidur

Banyak dampak negatif dari penggunaan berlebihan (kurang tidur, terhambatnya komunikasi dan keintiman) dapat dihilangkan dengan menjauhkan ponsel dari kamar tidur.

Ingin tahu cara terbaik agar tidak terlalu sering menggunakan ponsel? Jangan mengisi daya ponsel di kamar tidur.

4. Ubah pengaturan handphone

Di antara ide yang paling sering disarankan untuk mengurangi penggunaan ponsel, Anda dapat menemukan tip dan trik hanya dengan mengubah pengaturan pada handphone.

Ide yang paling umum disarankan:

  • Matikan Notifikasi
  • Atur layar menjadi hitam-putih
  • Hapus aplikasi berbasis gangguan dari layar beranda
  • Tetapkan kode sandi yang lebih panjang
  • Gunakan mode pesawat
  • Nyalakan jangan ganggu

5. Sisihkan satu hari/minggu

Sejauh ini, ini adalah pendekatan paling umum yang digunakan orang banyak dengan sengaja mengambil langkah untuk mengekang kebiasaan menggunakan ponsel saat ini.

Pilih satu hari dalam seminggu (biasanya hari Sabtu dan Minggu) dan sisihkan ponsel Anda. Itu saja, biasakanlah.

Penggunaan handphone berlebihan

Handphone merupakan bagian integral dari kehidupan kebanyakan orang sehingga mengurangi penggunaan ponsel mungkin tampak menakutkan. Namun jika Anda khawatir akan ketergantungan pada ponsel, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengelola penggunaannya. Dengan menyadari pemicu atau masalah mendasar, mengurangi notifikasi, dan memantau waktu pemakaian perangkat harian, Anda dapat mulai mengubah frekuensi penggunaan handphone.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *