Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing untuk Karier

Desi3
  • September 2, 2023
  • 4 min read
Pentingnya Menguasai Bahasa Asing untuk Karier

SPOOTLIVE – Menguasai bahasa asing menjadi sangat berharga bagi karier seseorang. Pentingnya bahasa asing dalam pekerjaan meningkatkan peluang bagi karier Anda.

Di era globalisasi, individu yang menguasai bahasa asing memiliki keunggulan berkomunikasi secara efektif dan kesempatan untuk mendapatkan peluang pekerjaan internasional, promosi, atau kenaikan gaji.

Pasar kerja global saat ini menggunakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia bisnis. Selain Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Arab juga banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Saat ini, hidup sangat dimudahkan dengan adanya teknologi. Semua orang dapat menggunakan aplikasi terjemahan, dan jam tangan pintar membantu mengerjakan tugas atau pekerjaan ketika memori gagal.

Namun, kadang-kadang bertahun-tahun berlalu sebelum kita menyadari mengapa kita perlu terus berinvestasi dalam keterampilan bahasa kita setelah sekolah, pelatihan, universitas, dan pekerjaan.

Mengapa keterampilan bahasa sangat penting untuk karier?

Siapapun yang ingin berkarier saat ini tidak lagi membutuhkan keahlian profesional. Dalam beberapa tahun terakhir, soft skill seperti keterampilan komunikasi umum, jaringan, pemahaman budaya yang berbeda, dan keterampilan presentasi menjadi semakin penting.

Selain itu, ada keterampilan penting seperti kompetensi digital. Dengan latar belakang perekonomian global, kemauan untuk mengejar karier internasional juga diperlukan.

Lalu, apa saja keuntungan keterampilan bahasa asing dalam kehidupan karier karyawan?

Peningkatan gaji

Fasih berbahasa asing akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru. Selain itu, juga akan meningkatkan peluang Anda untuk menegosiasikan gaji yang lebih diinginkan. Permintaan yang tinggi, peluang yang meningkat, pasar kerja yang kompetitif, dan keterampilan komunikasi umum yang lebih baik: semua hal ini berdampak pada gaji individu dengan kemampuan bahasa asing.

Selain itu, memiliki kesempatan untuk selektif terhadap pekerjaan yang Anda pilih merupakan keuntungan besar bagi pencari karir bilingual. Ketika pasar mulai menyempit, Anda akan menonjol di antara yang lain dengan memberikan nilai praktis dan budaya pada peran apa pun yang Anda pilih.

Baca Juga:  Strategi Pembiayaan Rumah: Pilih Kredit atau Tunai?

Jaringan untuk pekerjaan berikutnya

Dengan adanya komunitas bisnis internasional di Internet, muncullah peluang baru untuk memulai karir global atau nasional. Asalkan Anda tahu apa yang harus ditanggapi dan cara terbaik menanggapi suatu pernyataan serta menarik perhatian pada diri Anda sendiri dengan postingan yang singkat namun bermakna dan berisi opini.

Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat dengan cepat menyadari bahwa membuat pernyataan hanya dalam beberapa kata saja lebih sulit dibandingkan dalam teks yang panjang. Tip khusus: Banyak anggota jaringan bisnis berasal dari dunia berbahasa Inggris. Namun, ini bukan satu-satunya bahasa yang digunakan. Perbedaan antara bahasa Inggris British dan Amerika juga terlihat jelas ketika Anda melihat postingan pendek.

Keterampilan memecahkan masalah

Ketika seseorang mempelajari bahasa kedua, otaknya harus mengembangkan sinapsis (koneksi) baru antar ide, dan otak harus menambahkan pola baru pada pemikiran dan jalur lama. Hal ini menyebabkan pusat bahasa di otak meningkat fleksibilitasnya. Koneksi ini dan fleksibilitas pusat bahasa menghasilkan otak yang lebih sehat dan aktif, dengan peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Ini secara langsung berarti keterampilan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan diri. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis juga biasanya berarti tingkat kreativitas yang lebih tinggi dan peningkatan kemampuan melakukan banyak tugas.

Karena sebagian besar bidang karier menghargai semua keterampilan ini, Anda berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan gaji yang lebih baik, peran yang lebih memuaskan ketika Anda menambahkan bahasa kedua ke dalam Daftar Riwayat Hidup Anda.

Terbukti memiliki motivasi tinggi

Anda mungkin memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaan, namun kemampuan untuk membuktikan bahwa Anda bersedia belajar menambah sesuatu yang tidak terukur dalam resume pencari kerja. Mengapa? Sederhananya, ini menunjukkan motivasi dan tindak lanjut.

Baca Juga:  Tips Merawat Tanaman di Apartemen atau Rumah Minimalis

Perbedaan besar antara ingin melakukan sesuatu dan benar-benar melakukannya adalah motivasi dan tindak lanjut, dua kualitas penting untuk sukses di sebagian besar bidang karier. Di tengah ketatnya pasar kerja, kualitas tersebut dapat dibuktikan dengan mempelajari bahasa kedua.

Ketika mahir dalam keterampilan baru, Anda meningkatkan nilai Anda, namun di pasar kerja global yang semakin beragam, mempelajari bahasa kedua membuktikan bahwa Anda memahami pentingnya bahasa kedua sebagai sebuah keterampilan, Anda memiliki kemauan untuk melamar waktu dan sumber daya untuk mempelajari keterampilan tersebut.

Anda juga dianggap memiliki etos kerja untuk menyelesaikannya sampai akhir dengan kemahiran. Apa pun bidang yang Anda geluti, kualitas-kualitas itulah yang membedakan pelamar lain, membuat mereka mendapat wawancara, atau menempatkan mereka dalam antrean promosi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *