Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Manfaat Stretching untuk Kesehatan Tubuh

Desi3
  • Mei 24, 2023
  • 3 min read
Manfaat Stretching untuk Kesehatan Tubuh

SPOOTLIVE – Memasukkan beberapa peregangan dalam rutinitas pagi harian dapat membantu memberi energi untuk menyambut hari. Peregangan menawarkan berbagai manfaat, mulai dari peningkatan fleksibilitas hingga peningkatan aliran darah.

Pastikan untuk memulai dengan perlahan dan dengarkan tubuh Anda untuk menghindari cedera.

Apakah peregangan baik untuk Anda?

Ada banyak manfaat melakukan peregangan secara teratur. Peregangan tidak hanya dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh, yang merupakan faktor kebugaran yang penting, tetapi juga dapat memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan nyeri tubuh, dan banyak lagi.

Melakukan peregangan juga dapat membantu menjalani hari dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Gerakan ini bisa memakan waktu kurang dari 10 menit, atau lebih lama jika Anda ingin mengulang beberapa kali.

Ini dia manfaat stretching atau peregangan untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan fleksibilitas

Peregangan teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fleksibilitas yang ditingkatkan tidak hanya dapat membantu melakukan aktivitas sehari-hari dengan relatif mudah, tetapi juga dapat membantu menunda berkurangnya mobilitas akibat penuaan.

2. Meningkatkan jangkauan gerak

Mampu menggerakkan sendi melalui rentang gerak penuh memberi kita lebih banyak kebebasan bergerak. Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak.

3. Meningkatkan kinerja dalam aktivitas fisik

Melakukan peregangan dinamis sebelum aktivitas fisik telah terbukti membantu mempersiapkan otot untuk aktivitas tersebut. Ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja dalam aktivitas atletik atau olahraga.

4. Meningkatkan aliran darah ke otot

Melakukan peregangan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi. Peningkatan sirkulasi meningkatkan aliran darah ke otot, yang dapat mempersingkat waktu pemulihan dan mengurangi nyeri otot (juga dikenal sebagai nyeri otot yang tertunda atau DOMS).

Baca Juga:  Tips dan Strategi Memulai Rutinitas Lari

5. Memperbaiki postur tubuh

Ketidakseimbangan otot sering terjadi dan dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Satu studi kasus menemukan bahwa kombinasi penguatan dan peregangan kelompok otot tertentu dapat mengurangi nyeri muskuloskeletal dan mendorong keselarasan yang tepat. Itu, pada gilirannya, dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

6. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit punggung

Otot yang kencang dapat menyebabkan penurunan rentang gerak. Ketika ini terjadi, meningkatkan kemungkinan ketegangan otot di punggung Anda. Peregangan dapat membantu menyembuhkan cedera punggung yang ada dengan meregangkan otot.

Rutinitas peregangan yang teratur juga dapat membantu mencegah nyeri punggung di masa mendatang dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot.

7. Sangat bagus untuk menghilangkan stres

Saat Anda mengalami stres, ada kemungkinan besar otot yang tegang. Itu karena otot cenderung menegang sebagai respons terhadap stres fisik dan emosional. Berfokuslah pada area tubuh yang cenderung menahan stres, seperti leher, bahu, dan punggung atas.

8. Dapat menenangkan pikiran

Berpartisipasi dalam program peregangan secara teratur tidak hanya membantu meningkatkan kelenturan, tetapi juga dapat menenangkan pikiran. Saat Anda melakukan peregangan, fokuslah pada latihan mindfulness dan meditasi, yang memberikan istirahat mental pada pikiran.

9. Membantu mengurangi sakit kepala tegang

Ketegangan dan stres sakit kepala dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain diet yang tepat, hidrasi yang cukup, dan banyak istirahat, peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan yang Anda rasakan akibat sakit kepala.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *