Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 16, 2024
SPOOTLIVE

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Kulit

Desi3
  • Agustus 1, 2023
  • 4 min read
Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Kulit

SPOOTLIVE – Alergi kulit terjadi ketika kulit menjadi iritasi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat asing atau alergen yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh. Hal ini disebut reaksi alergi.

Reaksi alergi dapat menyebabkan ruam, gatal, terbakar, kemerahan, benjolan, gatal-gatal, dan bengkak. Banyak alergen yang berbeda dapat menyebabkan reaksi pada individu berbeda, seperti serbuk sari atau bulu hewan peliharaan.

Umumnya sistem kekebalan tubuh adalah menjaga kita tetap sehat dengan melawan patogen berbahaya. Ini dilakukan dengan menyerang apa pun yang dianggapnya dapat membahayakan tubuh kita. Bergantung pada alergennya, respons ini mungkin melibatkan peradangan, bersin, atau sejumlah gejala lainnya.

Namun, pada orang dengan alergi, sistem kekebalan menganggapnya sebagai penyerbu luar yang mengancam tubuh dan menyerangnya.

Siapa pun bisa mengalami alergi. Namun, ada beberapa perawatan yang dapat membantu menghindari gejala alergi.

Jenis alergi kulit

Beberapa jenis alergi kulit yang umum meliputi:

Ruam: Area kulit teriritasi, merah, atau bengkak, dan bisa terasa nyeri atau gatal.

Eksim: Bercak kulit menjadi meradang dan bisa gatal serta berdarah.

Dermatitis kontak: Bercak merah dan gatal pada kulit muncul segera setelah kontak dengan alergen.

Sakit tenggorokan: Faring atau tenggorokan teriritasi atau meradang.

Bentol: Bintil merah, gatal, dan timbul dengan berbagai ukuran dan bentuk muncul di permukaan kulit.

Mata bengkak: Mata mungkin berair atau gatal dan terlihat “bengkak”.

Gatal: Ada iritasi atau peradangan pada kulit.

Sensasi panas: Peradangan kulit menyebabkan ketidaknyamanan dan sensasi menyengat pada kulit.

Ruam adalah salah satu gejala alergi kulit yang paling umum.

Penyebab alergi

Para peneliti tidak begitu yakin mengapa sistem kekebalan menyebabkan reaksi alergi ketika zat asing yang biasanya tidak berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:  Tingkatkan Kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku Anda dengan Tips Berikut Ini!

Umumnya, alergi memiliki komponen genetik. Ini berarti orang tua dapat mewariskannya kepada anak-anak mereka. Namun, hanya kerentanan umum terhadap reaksi alergi yang bersifat genetik. Alergi spesifik tidak diturunkan. Misalnya, jika ibu Anda alergi terhadap kerang, bukan berarti Anda juga alergi.

Jenis alergen yang umum meliputi:

Produk hewani: Ini termasuk bulu hewan peliharaan, limbah tungau debu, dan kecoak.

Obat: Obat penisilin dan sulfa adalah pemicu umum.

Makanan: Alergi gandum, kacang-kacangan, susu, kerang, dan telur sering terjadi.

Sengatan serangga: Ini termasuk lebah, tawon, dan nyamuk.

Jamur: Spora udara dari jamur dapat memicu reaksi.

Tanaman: Serbuk sari dari rumput, gulma, dan pohon, serta resin dari tumbuhan seperti poison ivy dan poison oak, merupakan alergen tanaman yang sangat umum.

Alergen lainnya: Lateks, sering ditemukan pada sarung tangan dan kondom lateks, dan logam seperti nikel juga merupakan alergen yang umum.

Alergi musiman, juga dikenal sebagai demam, adalah beberapa alergi yang paling umum. Ini disebabkan oleh serbuk sari yang dikeluarkan oleh tanaman. Mereka menyebabkan:

  • mata gatal
  • mata berair
  • pilek
  • batuk

Perawatan alergi

Cara terbaik untuk menghindari alergi adalah menjauhi apa pun yang memicu reaksi. Jika itu tidak memungkinkan, ada opsi perawatan yang tersedia.

Pengobatan

Perawatan alergi sering kali mencakup obat-obatan seperti antihistamin untuk mengendalikan gejala. Obatnya bisa berupa resep. Apa yang direkomendasikan dokter tergantung pada tingkat keparahan alergi Anda.

Obat alergi meliputi:

  • antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl)
  • kortikosteroid
  • setirizin (Zyrtec)
  • loratadin (Claritin)
  • kromolin natrium (Gastrokrom)
  • dekongestan (Afrin, Suphedrine PE, Sudafed)
  • pengubah leukotriene (Singulair, Zyflo). Singulair hanya boleh diresepkan jika tidak ada pilihan perawatan lain yang sesuai. Karena zat ini meningkatkan risiko perubahan perilaku dan suasana hati yang serius, seperti pikiran dan tindakan untuk bunuh diri.
Baca Juga:  Punya Masalah Bintik Hitam di Wajah? Berikut 7 Tips Mengatasinya dengan Bahan Alami

Imunoterapi

Banyak orang memilih imunoterapi. Ini melibatkan beberapa suntikan selama beberapa tahun untuk membantu tubuh terbiasa dengan alergi Anda. Imunoterapi yang berhasil dapat mencegah gejala alergi kembali.

Epinefrin darurat

Jika Anda memiliki alergi parah yang mengancam jiwa, bawa suntikan epinefrin darurat. Suntikan epinefrin darurat melawan reaksi alergi sampai bantuan medis tiba. Merek umum perawatan ini termasuk EpiPen dan Twinject.

Beberapa reaksi alergi merupakan keadaan darurat medis. Bersiaplah untuk situasi darurat ini dengan mengetahui pertolongan pertama untuk reaksi alergi.

Hidup dengan alergi

Alergi adalah hal yang umum dan tidak memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa bagi kebanyakan orang. Orang yang berisiko alergi dapat mempelajari cara mengelola alergi mereka dan apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat.

Sebagian besar alergi dapat diatasi dengan melakukan tindakan preventif, obat-obatan, dan perubahan gaya hidup. Konsultasikan dengan dokter atau ahli alergi Anda untuk membantu mengurangi komplikasi utama dan membuat hidup lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *