Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
SPOOTLIVE

Sunscreen vs Sunblock: Mana yang Lebih Penting?

Desi3
  • Juli 7, 2023
  • 4 min read
Sunscreen vs Sunblock: Mana yang Lebih Penting?

SPOOTLIVE – Tinggal di negara dengan limpahan sinar matahari, kita memerlukan tabir surya unutk membantu melindungi dan menjaga kulit tetap muda (anti-kerut) dan sehat dari efek merusak sinar matahari.

Meskipun mungkin Anda terbiasa mendengar kata sunscreen dan sunblock sebagai tabir surya, mereka sebenarnya adalah dua jenis pelindung matahari yang sangat berbeda.

Sunscreen

Sunscreen adalah pertahanan kimia, menembus kulit, dan menyerap sinar UV sebelum mencapai dan merusak lapisan kulit.

Beberapa kandungan dalam sunscreen termasuk avobenzone, oxybenzone, dan asam para-aminobenzoic (PABA), yang merupakan bahan yang digunakan untuk menyerap sinar matahari.

Sunblock

Sunblock adalah cara fisik untuk bertahan melawan sinar ultraviolet (UV). Tabir surya ini digunakan di atas kulit dan bertindak sebagai penghalang. Biasanya, sunblock mengandung seng oksida atau titanium oksida. Sunblock seringkali buram dan terlihat saat dioleskan ke kulit.

Banyak merek pelindung matahari menawarkan perpaduan antara sunscreen dan sunblock.

Haruskah saya menggunakan sunscreen atau sunblock?

Sunscreen dan sunblock memberikan perlindungan dari sinar matahari. Namun, menurut Skin Cancer Foundation AS, jenis kulit harus menjadi pertimbangan saat memilih produk yang tepat untuk Anda.

Untuk orang dengan kulit sensitif, sunblock dengan seng oksida dan titanium dioksida dapat ditoleransi dengan lebih baik. Bahan-bahan ini juga biasanya ditemukan pada produk untuk anak-anak, yang memiliki kebutuhan perlindungan terhadap sinar matahari yang berbeda.

Sementara orang yang memiliki masalah dengan kulit, seperti rosacea atau kulit yang rentan alergi, sebaiknya menghindari produk yang mengandung pewangi, pengawet, dan oxybenzone atau PABA, yang sering ditemukan pada sunscreen.

Penggunaan pelindung matahari yang mengandung oxybenzone juga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Sebelum mencoba sunscreen dan sunblock, bacalah labelnya untuk memastikan mendapatkan perlindungan yang Anda butuhkan dan menghindari bahan yang mungkin membuat kulit sensitif.

Baca Juga:  Apa itu Pendapatan Pasif, dan Bagaimana Mendapatkannya?

Banyak dokter merekomendasikan pelindung matahari yang menawarkan:

  • SPF 30 atau lebih
  • perlindungan spektrum luas
  • tahan air

Apa itu SPF?

SPF adalah singkatan dari sun protection factor. Ini merupakan indikasi seberapa baik suatu produk akan benar-benar melindungi Anda dari sinar ultraviolet B (UVB) matahari.

Angka SPF memberi tahu Anda jumlah waktu yang dibutuhkan kulit untuk memerah setelah terpapar sinar matahari dengan perlindungan dibandingkan dengan jumlah waktu tanpa perlindungan.

Jika digunakan sesuai petunjuk, produk dengan SPF 30 akan membutuhkan waktu 30 kali lebih lama untuk membakar kulit dibandingkan kulit yang terpapar langsung tanpa perlindungan. Produk dengan SPF 50 akan memakan waktu 50 kali lebih lama.

Produk dengan SPF 30 memungkinkan sekitar 3 persen sinar UVB mengenai kulit Anda, dan produk dengan SPF 50 memungkinkan sekitar 2 persen.

Informasi label penting lainnya

Anda mungkin melihat salah satu istilah berikut pada label pelindung matahari:

Anti air

FDA tidak akan lagi mengizinkan produsen untuk mengatakan produk mereka tahan air.

Carilah produk yang tahan air. Artinya, perlindungan akan efektif selama 40 menit di dalam air, maka diperlukan aplikasi ulang. Produk yang diberi label sangat tahan air biasanya akan bertahan selama 80 menit di dalam air.

Spektrum yang luas

Spektrum luas berarti produk dapat melindungi dari sinar ultraviolet A (UVA) dan UVB.

Olahraga

FDA belum menyetujui istilah ini untuk perlindungan matahari, tetapi ini merupakan indikasi umum ketahanan air dan keringat.

Kulit sensitif

Meskipun FDA belum menyetujui istilah “kulit sensitif” untuk perlindungan terhadap sinar matahari, kemungkinan besar ini merupakan indikasi bahwa produk tersebut hipoalergenik dan tidak mengandung PABA, minyak, atau wewangian.

Sebelum digunakan, baca labelnya untuk mengetahui apakah bahan-bahan ini dapat mengiritasi kulit Anda.

Baca Juga:  Minyak Goreng Paling Sehat: Cara Memilih yang Akan Digunakan

Radiasi ultraviolet

Sinar matahari termasuk cahaya tampak, panas, dan radiasi UV. UV dibagi menjadi tiga jenis dan diklasifikasikan berdasarkan panjang gelombang.

UVA

Menyumbang sekitar 95 persen radiasi UV yang mencapai permukaan bumi, UVA memiliki panjang gelombang yang relatif panjang yang dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Menjadi factor utama kulit gelap, UVA juga berkontribusi pada kerutan dan penuaan kulit, serta perkembangan kanker kulit.

UVB

Sebagian terhalang oleh atmosfer, UVB dengan panjang gelombang sedang tidak dapat menembus lebih dalam dari lapisan kulit yang dangkal.

UVB menunda proses penggelapan dan kulit terbakar dari sinar matahari. Sinar UVB juga dapat meningkatkan penuaan kulit dan meningkatkan perkembangan kanker kulit.

UVC

Ultraviolet C (UVC) panjang gelombang pendek benar-benar terhalang oleh atmosfer bumi. Ini bukan masalah dengan paparan sinar matahari. Namun, itu bisa berbahaya dengan paparan sumber radiasi buatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *