Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
December 5, 2023
SPOOTLIVE

Tetap Sehat di Wilayah dengan Kualitas Udara Buruk

Desi3
  • Juni 18, 2023
  • 3 min read
Tetap Sehat di Wilayah dengan Kualitas Udara Buruk

SPOOTLIVE – Dengan kualitas udara yang buruk di beberapa wilayah Tanah Air, ketahui langkah yang harus diambil untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Dalam beberapa pekan terakhir ramai dibicarakan mengenai kualitas udara buruk di kota-kota besar Indonesia. Bahkan, Indonesia masuk dalam daftar 10 besar kota dengan polusi udara terburuk dan menjadi negara di Asia Tenggara dengan tingkat polusi udara paling buruk.

Mereka yang tinggal di kota dengan udara yang tercemar dan memiliki kualitas udara yang buruk lebih rentan menderita berbagai kondisi kesehatan atau penyakit.

Banyak orang yang tinggal di kota dengan kualitas udara yang buruk dapat menderita asma, kanker paru-paru, dan penyakit kardiovaskular dari waktu ke waktu karena lingkungan yang tidak sehat yang tidak selalu aman untuk ditinggali.

Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakuian untuk menjaga kesehatan dan menghindari penyakit.

Berikut beberapa tips sederhana namun efektif untuk melindungi Anda dan keluarga dari bahaya polusi udara:

Periksa prakiraan polusi udara harian di daerah tempat tinggal Anda

Prakiraan berkode warna dapat memberi tahu saat udara tidak sehat di lingkungan Anda. Sumber termasuk laporan cuaca radio dan TV lokal, surat kabar, dan online.

Hindari berolahraga di luar ruangan saat tingkat polusi tinggi

Saat udaranya buruk, berjalanlah di dalam ruangan di pusat perbelanjaan atau gym atau gunakan alat olahraga. Batasi jumlah waktu yang dihabiskan anak untuk bermain di luar jika kualitas udaranya tidak sehat.

Selalu hindari berolahraga di dekat area lalu lintas tinggi

Bahkan, ketika prakiraan kualitas udara berwarna hijau, kendaraan di jalan raya yang sibuk dapat menciptakan tingkat polusi yang tinggi hingga sepertiga mil jauhnya.

Gunakan lebih sedikit energi di rumah

Menghasilkan listrik dan sumber energi lainnya menciptakan polusi udara. Dengan mengurangi penggunaan energi, Anda dapat membantu meningkatkan kualitas udara, mengekang emisi gas rumah kaca, mendorong kemandirian energi, dan menghemat uang!

Hindari penggunaan mobil

Hindari penggunaan mobil semaksimal mungkin saat keluar rumah. Gunakan sepeda, bus, kereta bawah tanah, kereta komuter, atau alternatif transportasi umum lainnya.

Jangan membakar kayu atau sampah

Pembakaran kayu bakar dan sampah adalah salah satu sumber utama polusi partikel (jelaga) di banyak bagian negara.

Tidak merokok di dalam ruangan

Jangan izinkan siapa pun merokok di dalam ruangan dan mendukung langkah-langkah untuk membuat semua tempat umum bebas tembakau.

Gunakan air purifier (pembersih udara)

Banyak orang berpikir bahwa tinggal di dalam ruangan adalah tempat teraman saat tinggal di kota yang tercemar, tetapi udara luar masih bisa masuk ke dalam. Gunakan pembersih udara di rumah Anda setiap minggu untuk menghilangkan kontaminan, polutan, dan racun dari udara untuk pengaturan dalam ruangan yang lebih bersih. Ini akan memungkinkan Anda bernapas lebih mudah saat tidur di malam hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *