Netwriter can get reward Join NowLOGIN / DAFTAR Netwriter
February 6, 2023
Snap Today

Tantangan Minum Soda “Sprite Challenge” Tanpa Sendawa

tiyar
  • Juli 21, 2022
  • 2 min read
Tantangan Minum Soda “Sprite Challenge” Tanpa Sendawa

Snap Today, Livetoday – Tren viral Minum Soda Tanpa Sendawa bertajuk “Sprite Challenge” di TikTok. Tantangannya adalah meminta seseorang untuk minum sebotol soda tanpa bersendawa.

Sebagian besar penantang di tiktok berhasil menahan cegukan mereka sambil minum sebotol soda.

Tantangan Minum Soda "Sprite Challenge" Tanpa Sendawa

Pengguna akun TikTok @ditanganu, misalnya, bahkan sempat dibuat kaget setelah adiknya berhasil meminum seteguk soda tanpa bersendawa. Tapi, kejadian lucu pun terjadi.

Sembari menjelaskan aturan “Sprite Challenge” kepada adiknya, @ditanganu coba menantang adiknya untuk minum. Alih – alih berhasil mengikuti challenge, eh, adiknya malah sendawa besar.

“Baru juga bentar dek,” kata @ditanganu.

Video itu kini viral dan sukses mendapat 440,3 ribu likes dan 2355 komentar dari netizen. Banyak yang tertawa melihat kejadian lucu tersebut.

Namun, ternyata challenge ini menghasilkan tanggapan serius dari seorang dokter.

Apa yang dokter katakan soal “Sprite Challenge”?

Tantangan ini bisa mengganggu pencernaan di perut. Ungkap seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Aru Ariadno (Sp.PD KGEH) dari RS Brawijaya Depok, Jawa Barat.

Diketahui bahwa sendawa adalah bagian dari proses tubuh, terutama mengurangi tekanan di perut yang disebabkan oleh gas. Jika di tahan dan tidak di keluarkan, bisa menyebabkan perut membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Mengganggu proses pencernaan lambung sehingga menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan lambung.

Meskipun tidak ada literatur yang menghubungkan pencegahan cegukan dengan penyakit, dr. Aru memperingatkan bahwa tidak berarti perilaku tersebut bebas risiko. Orang tersebut dapat mengembangkan ileus, kolitis, dispepsia fungsional, dan penyakit lainnya.

dr. Aru membenarkan bahwa menahan cegukan dan kentut itu berbahaya. Jika gas dalam usus tidak di keluarkan, tentu akan timbul rasa tidak nyaman dan kemungkinan iritasi.

Usus dan saluran pencernaan menjadi seperti balon, yang pada akhirnya akan menyebabkan berkurangnya peristaltik dan iritasi pada dinding usus.***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *