Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
Uncategorized

5 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Menyehatkan

Desi3
  • Mei 18, 2023
  • 4 min read
5 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Menyehatkan

SPOOTLIVE – Selama bertahun-tahun, karbohidrat mendapat reputasi buruk sebagai makanan yang dianggap tidak sehat.

Kebanyakan orang sering mengaitkan karbohidrat dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Ya, memang benar bahwa makanan olahan yang tinggi gula dan biji-bijian olahan biasanya kekurangan vitamin dan mineral penting. Namun, banyak makanan padat nutrisi dan kaya serat sebenarnya bisa sangat baik untuk Anda.

Meskipun diet rendah karbohidrat bermanfaat bagi sebagian orang, tidak ada alasan untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat sama sekali.

Berikut adalah 5 makanan tinggi karbohidrat yang sangat sehat.

1. Oat

Oat adalah biji-bijian utuh yang sangat sehat dan sumber banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sumber karbohidrat ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat, termasuk serat dan protein. Studi juga menunjukkan bahwa makan oat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Oat mentah mengandung 70% karbohidrat. Satu porsi 1 cangkir (81 gram) mengandung 54 gram karbohidrat, termasuk 8 gram serat. Selain itu, mereka sangat tinggi dalam jenis serat tertentu yang disebut oat beta glucan.

Oat juga merupakan sumber protein yang relatif baik dan mengandung lebih banyak protein daripada kebanyakan biji-bijian.

Penelitian menunjukkan bahwa makan oat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.  Makan oat juga dapat menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, gandum sangat mengenyangkan, yang dapat membantu mendukung pengelolaan berat badan yang sehat.

2. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, bersama dengan beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan lainnya.

Ubi jalar adalah umbi atau umbi-umbian yang lezat dan bergizi dengan kandungan vitamin A, vitamin C, dan potassium.

Baca Juga:  Menko PMK dan Kepala BNPB Tinjau Arus Balik Pelabuhan Panjang

Satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak dengan kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula, dan serat.

Terlebih lagi, mereka juga memiliki antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di sel untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis.

3. Pisang

Pisang adalah buah populer yang suka digunakan orang dalam berbagai resep.

Pisang kaya akan potasium, mineral yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Pisang yang kurang matang juga mengandung pati resisten dan pektin, keduanya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pisang juga tinggi potasium dan vitamin B6 dan C, dan mengandung beberapa senyawa tanaman yang bermanfaat. Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung

Satu pisang besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati maupun gula.

4. Bit

Bit adalah sayuran akar ungu yang terkadang disebut orang sebagai bit.

Bit sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman. Mereka juga mengandung nitrat anorganik dalam jumlah tinggi, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kinerja fisik.

Mereka juga mengandung vitamin dan mineral, bersama dengan antioksidan kuat dan senyawa tumbuhan.

Meskipun secara keseluruhan tidak dianggap tinggi karbohidrat, bit termasuk memiliki banyak untuk sayuran non-tepung. Bit mentah dan matang mengandung sekitar 10 gram karbohidrat per 100 gram, terutama dari gula dan serat (28, 29).

Bit juga tinggi nitrat anorganik, yang diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat menurunkan tekanan darah dan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit.

Jus bit juga mengandung nitrat yang sangat tinggi, dan atlet terkadang menggunakannya untuk meningkatkan kinerja fisik mereka karena oksida nitrat melemaskan pembuluh darah, memungkinkan oksigen mengalir lebih efisien selama berolahraga.

Baca Juga:  6 Manfaat Kesehatan dari Kacang Almond

5. Quinoa

Quinoa sangat bergizi dan dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan mendukung kesehatan jantung. Quinoa juga tinggi protein dan serat, sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena kedua nutrisi ini dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Quinoa yang dimasak mengandung 70% karbohidrat, menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Selain itu, ini juga merupakan sumber protein dan serat yang baik.

Selain itu, quinoa tidak mengandung gluten, yang menjadikannya alternatif populer untuk gandum bagi mereka yang menjalani diet bebas gluten.

Quinoa juga sangat mengenyangkan karena relatif tinggi serat dan protein. Untuk alasan ini, ini dapat membantu mempromosikan manajemen berat badan yang sehat dan kesehatan usus.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *