Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
NEWSLIVE

Modus Penipuan baru pakai QR Code, Rekening bisa habis

Wijaya
  • Mei 6, 2024
  • 2 min read
Modus Penipuan baru pakai QR Code, Rekening bisa habis

NEWSLIVE – Di era digital ini, penipuan semakin canggih dan salah satunya adalah “quishing”, yang merupakan perpaduan licik antara kode QR dan phishing. Para penjahat cyber ini memancing korban dengan QR Code yang tampak tidak berbahaya, namun sebenarnya adalah pintu gerbang menuju pencurian informasi pribadi.

Dengan sekali scan, QR Code ini dapat membawa Anda ke dunia maya yang penuh tipu daya, menampilkan pesan teks, aplikasi, bahkan alamat palsu. Situs web tiruan yang terlihat otentik ini dirancang untuk mengelabui Anda, membuat Anda percaya bahwa Anda sedang mengakses sesuatu yang sah, padahal sebenarnya Anda sedang diarahkan ke jebakan.

Menurut Wired, taktik quishing ini bisa sampai pada titik di mana korban dihasut untuk mengunduh sesuatu yang berpotensi merusak perangkat mereka. Dan tidak berhenti di situ, para penipu ini juga akan meminta Anda memasukkan kredensial login, yang kemudian mereka curi tanpa ampun.

Membuat kode QR adalah hal yang mudah, tidak memerlukan keahlian khusus, sehingga kejahatan ini menjadi semakin marak. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk melindungi diri Anda dari serangan quishing ini.

Pertama, jangan pernah mempercayai QR Code yang ditemukan di tempat umum atau yang diberikan oleh seseorang yang tidak Anda kenal. Selalu waspada terhadap QR Code yang menimbulkan rasa urgensi atau ketakutan, seperti yang mengklaim “Pindai kode ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

Akhirnya, langkah paling penting adalah mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk setiap akun Anda dan pastikan untuk keluar dari perangkat yang tidak lagi Anda gunakan. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan keamanan digital Anda dan menghindari jerat quishing yang licik. Ingat, keamanan informasi pribadi Anda berada di tangan Anda sendiri. Jadi, tetaplah waspada dan lindungi data Anda dengan bijak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *