Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
July 22, 2024
SPOOTLIVE

7 Barang yang Mungkin Disimpan Terlalu Lama di Dapur, Cek!

Desi3
  • April 25, 2023
  • 3 min read
7 Barang yang Mungkin Disimpan Terlalu Lama di Dapur, Cek!

SPOOTLIVE – Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, haruskah membuang barang-barang yang ada di dapur ini?

Kemungkinan banyak barang yang  tersimpan di dapur memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Namun, tahukah Anda, hanya karena suatu produk belum kedaluwarsa, bukan berarti produk tersebut dalam kondisi ideal untuk dikonsumsi?

Meskipun mungkin sudah diketahui banyak orang makanan apa saja yang tidak boleh dimakan setelah tanggal kedaluwarsa, seperti susu dan keju, tidak mengherankan jika banyak orang tidak memikirkan kembali makanan yang ada di dapur.

Mungkin bermanfaat untuk memeriksa ulang barang-barang yang tersimpan di dapur dan terpikir untuk membuang makanan ini.

1. Kunyit

Bumbu halus favorit seperti kunyit, paprika, dan pala umumnya kehilangan potensinya setelah sekitar dua hingga tiga tahun. Makan rempah-rempah yang sudah lama tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi tidak akan menambah rasa lagi pada masakan.

Cobalah lakukan tes dengan cara mengendus dan mencicipi secara cepat untuk mengetahui apakah bumbu tersebut masih segar.

2. Baking powder

Aturan yang sama untuk bumbu halus juga berlaku untuk bahan kue. Baking powder dan baking soda akan kehilangan kekuatan raginya seiring waktu, yang berarti akan menghasilkan kue yang tidak mengembang.

Anda dapat menguji kekuatan ragi dengan eksperimen sains yang mudah ini di dapur: Campurkan soda kue dengan cuka dan baking powder dengan air panas. Jika berbusa dan menggelembung, berarti bahannya masih cukup segar untuk digunakan.

3. Teh

Kantong teh sebaiknya dikonsumsi dalam waktu satu tahun karena minyak dalam teh akan menua dan membuat secangkir teh terasa tidak enak. Hal yang sama berlaku untuk biji dan ampas kopi. Menurut Isabel Maples, MEd, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar, yang kami lansir dari Reader’s Digest, sebaiknya kita mengonsumsi kacang dan bubuk dalam waktu dua hingga empat minggu. Pecinta kopi instan punya waktu sedikit lebih lama: sekitar dua bulan.

Baca Juga:  Apa Penyebab Asam Lambung di Malam Hari dan yang Harus Dilakukan

4. Sereal

Setelah tiga bulan, kotak sereal yang terbuka akan menjadi basi karena paparan udara, tetapi kotak yang tertutup rapat akan bertahan hingga satu tahun. Lagi pula, umur simpannya bisa bervariasi, terutama jika sereal mengandung kacang-kacangan, yang lebih rentan tengik.

5. Bawang putih

Bumbu yang populer ini paling baik disimpan di dapur yang gelap dan sejuk selama tiga hingga lima bulan dalam kantong jaring. Bila disimpan terlalu lama, siung bawang putih dapat layu atau mulai bertunas. Meskipun tidak ada yang berbahaya, tetapi keduanya merupakan indikasi bahwa kualitas bawang putih tidak lagi maksimal.”

6. Kentang

Kentang biasanya bertahan hingga dua minggu di lemari es dan dua bulan di dapur. Anda akan tahu waktunya sudah habis ketika mereka mulai menumbuhkan kecambah dan mengembangkan bintik-bintik hitam lembut di kulit.

7. Minyak zaitun

Cahaya dan panas bukanlah teman minyak zaitun. Meskipun seseorang seharusnya tidak sakit karena sebotol minyak zaitun bekas, tetapi sebotol minyak zaitun yang sudah dibuka bisa terasa kurang enak setelah enam bulan. Jika tidak sering menggunakan minyak zaitun, belilah botol kecil saja agar Anda bisa menggunakannya sebelum bumbunya hilang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *