Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
May 25, 2024
SPOOTLIVE

Bersama Melawan Stunting, Gerakan Pencegahan Dini di Lawang Malang oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Niken Femilya Wulandari
  • Mei 14, 2024
  • 2 min read
Bersama Melawan Stunting, Gerakan Pencegahan Dini di Lawang Malang oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang

NEWSLIVE – Meningkatnya angka stunting di Kabupaten Malang menjadi perhatian serius bagi sekelompok mahasiswa Universitas Malang (UM). Pada Minggu (21/4/2024), mereka menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan stunting di rumah Ibu RT 06 RW 08, Kecamatan Lawang. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya ibu-ibu dan remaja putri, tentang bersama melawan stunting serta upaya pencegahannya sejak dini.

Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis yang menyebabkan anak tumbuh lebih pendek dari standar pertumbuhan normal. Data terbaru menunjukkan angka yang cukup tinggi, yakni 14,1 persen atau sekitar 26.700 dari total 189.600 anak balita di Kabupaten Malang mengalami kondisi tersebut. Malang bahkan masuk dalam 16 daerah prioritas penanganan stunting di Jawa Timur pada tahun 2020.

“Upaya pencegahan haruslah dimulai dari keluarga. Pola asuh yang tepat, asupan gizi seimbang sejak kehamilan hingga usia 2 tahun, serta lingkungan yang sehat dan higenis sangat berperan vital,” tegas Niken, salah satu pelaksana kegiatan.

Dalam acara yang dihadiri oleh ibu-ibu dan remaja putri, para mahasiswa menyajikan berbagai materi edukatif terkait stunting, penyebabnya, dampaknya pada kualitas hidup anak di masa depan, serta cara mencegahnya secara dini. Salah satu peserta, Ibu Ririn, mengungkapkan kekaguman atas banyaknya hal yang harus diperhatikan untuk mencegah stunting.

“Ternyata begitu banyak hal yang harus diperhatikan untuk mencegah stunting, mulai dari kehamilan, pola makan keluarga, hingga kebersihan lingkungan. Semoga dengan ilmu ini, saya bisa menjaga pertumbuhan anak saya dengan lebih baik,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan diisi dengan ceramah, sesi tanya jawab, serta tips untuk mencegah stunting dan bersama melawan stunting selama 1000 Hari Pertama Kehidupan, periode krusial yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Para peserta pun berkomitmen untuk menerapkan pola hidup bersih dan asupan gizi seimbang agar anak-anak mereka tumbuh sehat dan maksimal.

Baca Juga:  Jadwal Kerja Tidak Teratur? 7 Tips Agar Tidur Sesuai Rencana

Acara ditutup dengan apresiasi dari Ketua RT setempat yang mengharapkan kegiatan serupa dapat diadakan secara rutin di wilayah tersebut. Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Lawang Malang semakin peduli dan turut berperan aktif dalam upaya pencegahan dini stunting di lingkungan mereka.

  • Sosialisasi Stunting di Lawang Kabupaten Malang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *