Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Ragam Soto Nusantara, Segar dan Lezat untuk Dinikmati

Desi3
  • Agustus 8, 2023
  • 3 min read
Ragam Soto Nusantara, Segar dan Lezat untuk Dinikmati

SPOOTLIVE – Indonesia terkenal dengan keberagaman kuliner yang dimiliki setiap daerah. Salah satunya adalah soto, makanan berkuah yang kuat dan menjadi khas Tanah Air.

Setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan ciri khas masing-masingnya. Bahkan, sebutannya pun cukup beragam tergantung pada masing-masing daerah, mulai dari soto, coto, sauto, dan sebagainya.

Selain Namanya, soto di berbagai daerah di Tanah Air juga punya ciri khas dari bahan-bahan, bumbu, dan cara penyajiannya.

Berikut beragam jenis soto Nusantara yang pastinya lezat dan segar sebagai menu makanan.

1. Soto Betawi

Sebagian besar orang Jakarta menyukai Soto Betawi, kuliner dengan campuran susu atau santan di dalamnya yang membuat kuah soto terasa gurih. Selain itu, tambahan aroma bumbu-bumbu seperti cengkeh, sereh, daun jeruk, kembang lawing, kayu manis, dan pala pada soto juga membuat aromanya semakin nikmat.

Soto Betawi biasanya terdiri dari bahan-bahan seperti jeroan atau organ dalam sapi ditambah dengan kentang dan wortel. Sebagai pelengkap makan ada kerupuk, sambal, dan acar.

2. Soto Lamongan

Sesuai dengan Namanya, soto yang satu ini merupakan kuliner khas Kota Lamongan. Yang menjadi ciri khas Soto Lamongan adalah suwiran ayam kampungnya dan juga koya atau remah-remah kerupuk udang.

Umumnya bahan-bahan dalam semangkuk soto ini terdiri dari ayam suwir, telur rebus, kecambah/tauge, irisan kol, soun, potongan kentang, dan taburan seledri. Rasanya yang lezat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

3. Soto Padang

Jenis soto Nusantara berikutnya adalah Soto Padang, yang punya banyak penggemar karena umumnya cocok di lidah kebanyakan orang. Makanan buatan tangan orang Minang ini memiliki rasa gurih segar yang berasal dari kaldu sapi yang direbus lama.

Baca Juga:  Panduan Wisata Kuliner saat Mudik Lebaran

Sementara bahan-bahannya sendiri terdiri dari beragam bumbu-bumbu, seperti daun jeruk, daun salam, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan lainnya. Sedangkan isinya terdiri dari soun, perkedel, dan dendeng kering dan kerupuk merah khas Sumatera Barat yang jadi ciri khas soto ini.

4. Coto Makasar

Soto yang lebih dikenal dengan sebutan coto ini berasal dari Makassar, hidangan tradisional yang dikenal enak karena rasa gurihnya. Rasa gurih didapatkan dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama.

Rempah yang kuat dengan isian daging sapi yang dibumbui dengan bumbu khusus membuat coto ini sangat nikmat dikonsumsi selagi hangat.

5. Soto mie Bogor

Soto yang berasal dari Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat ini menggunakan mi soun atau bihun sebagai bahan utamanya. Salah satu kuliner khas Nusantara ini terbilang lengkap karena terdapat banyak bahan-bahan dalam satu mangkoknya.

Soto mie Bogor biasanya terdiri dari babat, mi kuning, dan juga risoles dengan taburan bawang goreng dan potongan tomat.

Ragam soto Nusantara

Selain kelima soto di atas, masih banyak ragam soto Nusantara lainnya. Seperti Soto Madura, Soto Banjar, Soto Semarang, dan masih banyak lagi. Dengan kuah segar, soto menjadi makanan yang cocok dinikmati kapan saja. Jadi, yang mana favorit Anda?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *