Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
NEWSLIVE

NVIDIA Siap Terjun ke Pasar Prosesor PC AI Berbasis ARM, Saingi Qualcomm dan Apple

Wijaya
  • Juni 10, 2024
  • 2 min read
NVIDIA Siap Terjun ke Pasar Prosesor PC AI Berbasis ARM, Saingi Qualcomm dan Apple

NEWSLIVE – NVIDIA dikabarkan tengah mengembangkan prosesor PC berbasis ARM yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) untuk ekosistem Windows on ARM (WoA). Saat ini, Qualcomm menjadi pemain utama di pasar ini, namun prosesor baru dari NVIDIA diharapkan akan siap pada tahun 2025. Informasi ini diungkapkan oleh Michael Dell.

Spekulasi beredar bahwa NVIDIA akan menggunakan referensi core CPU dari Arm, seperti Arm Cortex X5 “Blackhawk,” untuk prosesor AI PC mereka. Dikutip dari jagatreview.com, prosesor ini diperkirakan akan dibuat menggunakan node fabrikasi 3 nm yang paling canggih yang tersedia pada tahun 2025, seperti TSMC N3P. Teknologi fabrikasi ini juga digunakan oleh Apple dan Qualcomm untuk chip notebook mereka.

Tak hanya itu, NVIDIA kemungkinan juga akan mengintegrasikan iGPU berbasis arsitektur grafis “Blackwell,” yang mendukung akselerasi grafis tingkat tinggi seperti DirectX 12 Ultimate dan Vulkan. iGPU ini, yang dilengkapi dengan tensor core, kemungkinan besar juga akan berfungsi sebagai prosesor AI, memungkinkan pemrosesan AI yang lebih optimal dan efisien.

Microsoft telah menetapkan standar baru untuk PC dan laptop yang mendukung Copilot+, yaitu memiliki NPU dengan kekuatan minimal 45 TOPS secara on-device. NVIDIA diyakini akan memenuhi standar ini dengan mudah, mengingat reputasinya yang mendominasi AI Computing di level cloud.

Pada tahun 2025, LPDDR6 diperkirakan akan menjadi standar umum untuk aplikasi mobile, termasuk smartphone, tablet, dan PC ultraportabel. Teknologi memori ini kemungkinan besar juga akan diimplementasikan oleh NVIDIA dalam prosesor AI PC mereka, memastikan kinerja yang optimal dan efisien.

Dengan prosesor AI PC ini, NVIDIA berpotensi memasuki pasar yang kompetitif, bersaing dengan Snapdragon dari Qualcomm dan seri M dari Apple. Kehadiran NVIDIA dalam pasar prosesor PC AI akan menjadi angin segar dan memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Baca Juga:  PLN Siapkan 2.300 Posko Siaga Listrik

Kita tunggu saja kehadiran prosesor revolusioner ini pada tahun 2025!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *