Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
June 20, 2024
SPOOTLIVE

Sakit Tenggorokan Akibat Polusi Udara? Coba Tips Berikut Ini

Desi3
  • Agustus 11, 2023
  • 2 min read
Sakit Tenggorokan Akibat Polusi Udara? Coba Tips Berikut Ini

SPOOTLIVE – Sakit tenggorokan sangat umum terjadi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Umumnya, radang tenggorokan akan sembuh sendiri dalam waktu seminggu.

Berada dalam polusi udara juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, paru-paru, dan mata. Bagi sebagian besar orang dewasa yang sehat, efek buruk akibat polusi hilang segera setelah kualitas udara membaik.

Namun, orang yang secara kronis berada di daerah yang tercemar mungkin lebih sering mengalami sakit telinga dan bronkitis.

Selain itu, peralihan cuaca juga memungkinkan seseorang terkena flu, demam, batuk, kelelahan, dan bahkan sakit tenggorokan.

Jika mengalami sakit tenggorokan, inilah cara yang bisa membantu meredakan dan mempersingkat durasinya.

1. Teh chamomile

Teh Chamomile dikenal memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Chamomile juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan kesehatan. Tindakan antispasmodik chamomile juga membantu mengurangi batuk.

2. Susu kunyit

Ini adalah salah satu solusi paling tepercaya yang diikuti di rumah tangga masyarakat India. Jika Anda ingin mengalahkan efek buruk polusi udara pada kesehatan, minumlah susu kunyit setiap hari. Anda juga bisa menambahkan beberapa jahe dan tulsi untuk meningkatkan manfaat kesehatannya.

3. Perbanyak minum air

Untuk menenangkan tenggorokan Anda yang teriritasi, jagalah agar tidak kering. Mungkin Anda memperhatikan, sakit tenggorokan terasa lebih parah di pagi hari.

Hal ini disebabkan karena tenggorokan menjadi sangat kering dalam semalam. Penting untuk minum banyak cairan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi pelega tenggorokan atau permen yang merangsang produksi air liur.

4. Makan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh

Sertakan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat dalam menu harian. Konsumsilah minuman detoksifikasi yang membantu Anda membersihkan racun dari paru-paru.

Baca Juga:  Pendidikan Holistik: Integrasi Soft Skill dan Hard Skill

Anda bisa meminum teh hijau dan minuman herbal lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, akan dapat membangun kekebalan yang kuat dan pada gilirannya akan membantu mencegah penyakit musiman.

Obat rumahan untuk sakit tenggorokan

Anda dapat mengobati sebagian besar sakit tenggorokan di rumah. Istirahat yang cukup untuk memberikan sistem kekebalan tubuh kesempatan untuk melawan infeksi.

Untuk meredakan sakit tenggorokan bisa mencoba cara berikut:

  • Berkumurlah dengan campuran air hangat dan 1/2 hingga 1 sendok teh garam.
  • Minumlah cairan hangat yang terasa melegakan tenggorokan, seperti teh panas dengan madu, kaldu sup, atau air hangat dengan lemon. Teh herbal bisa sangat menenangkan sakit tenggorokan.
  • Dinginkan tenggorokan Anda dengan memakan makanan dingin seperti es loli atau es krim.
  • Mengisap sepotong permen tenggorokan
  • Nyalakan pelembap kabut dingin untuk menambahkan kelembapan ke udara.
  • Istirahatkan suara sampai tenggorokan Anda terasa lebih baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *